Top Ad 728x90

Monday, May 2, 2016

, , ,

Bingung Belajar Bahasa Pemrogramman C,C++,Java atau C#

Tutorial Programming : pilih bahasa pemrogramman yang mudah dipelajari seorang pemula diantaranya bahasa pemrogramman C, bahasa C++, Java atau bahasa C# (c sharp). Lihat keunggulan masing - masing bahasa.

Belajar bahasa pemrogramman

Belajar bahasa pemrogramman memang menjadi suatu minat yang khusus dan tidak semua orang memiliki niat tersebut. Bagi kamu yang ingin belajar bahasa pemrogramman dan masih bingung untuk menentukan bahasa pemrogramman yang cocok untuk kamu pelajari, mungkin artikel ini bisa membantu dan memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi. Yaitu tentang bahasa pemrogramman hight level seperti C, C++, Java dan C#. Apa sih perbedaan dari keempat bahasa tersebut?

Bahasa Pemrogramman C

Di universitas negeri selalu diajarkan sedikit banyaknya tentang bahasa pemrogramman yang satu ini yaitu C. Bahasa C merupakan Bapak dari bahasa pemrogramman yang lainnya yang sudah banyak macamnya sampai saat sekarang ini. Bahasa pemrogramman C biasa digunakan untuk pengembangan software komputer. Untuk kamu yang memang berniat menjadi programmer sangat cocok mempelajari bahasa C, hal ini dikarenakan ada banyak bahasa pemrogramman yang merupakan turunan dari C ini, misalnya bahasa pemrogramman C++, C# dan java juga merupakan turunan dari bahasa C, dimana syntax yang digunakan hampir sama.

Bahasa C juga termasuk ke golongan bahasa pemrograman yang memiliki konsep procedural programming. Dibandingkan dengan menggunakan bahasa lain jika dalam membuat sebuah aplikasi bahasa C jauh lebih cepat dan efesien, hal ini dikarenakan bahasa c bisa langsung mengakses mesin komputer seperti alamat memory RAM yang biasanya menggunakan fitur pointer dan Reference. Dan bahasa C sangat cocok untuk pengembangan software komputer.

Namun tidak hanya bisa digunakan sebagai pengembangan software saja lho. Untuk sekarang ini bahasa c bisa digunakan untuk pembuat aplikasi lainnya. Berikut kami tuliskan contoh penulisan menggunakan bahasa C dengan menampilkan tulisan Hello World.

#include <stdio.h>

int main() {
   /* my first program in C */
   printf("Hello, World! \n");
   
   return 0;
}

Bahasa Pemrogramman C++


Tak jauh beda dengan bahasa C, C++ yang hanya menambahkan beberapa fitur unggul untuk object-oriented programming di bahasa pemrogramman C. Penulisan dan syntax yang digunakan dalam bahasa pemrogramman c++ hampir sama dengan penulisan code di C. Beberapa fitur yang ditambah dari C misalnya seperti operator overloading & function overloading.

Bahasa C++ sebenarnya tidak murni bahasa yang object-oriented, kamu bisa menuliskan code dalam pengembangan aplikasi dengan menggunakan gaya seperti dalam bahasa c karena C++ support procedural programming sama halnya dengan C yang bisa langsung mengakses ke alamat memory RAM. Namun dibandingkan dengan bahasa C, C++ lebih lambat ketika menjalankan sebuah aplikasi. Bahasa C++ biasa digunakan dalam pengembangan aplikasi desktop dan pembuatan game. Berikut kami contohkan penulisan code dengan menampilkan tulisan Hello World dengan C++

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
   cout << "Hello World";
   return 0;
}

Bahasa Pemrogramman Java

Bahasa paling populer untuk saat ini adalah bahasa Java, sangat diminati oleh banyak programmer dari seluruh penjuru dunia. Kelebihan utama java adalah bisa dijalankan diseluruh platform baik windows, linux maupun perangkat mobile. Selain itu dokumentasi yang lengkap juga disediakan bagi kamu yang ingin belajar bahasa pemrogramman java.

Java juga turunan dari C & C++ dan java merupakan pemrogramman object-oriented yang murni dan bergantung pada JVM (Java Virtual machine). Kelebihan lain yang dimiliki java sudah kami jelaskan pada postingan sebelumnya. Berikut contoh penulisan aplikasi Hello World menggunakan bahasa java :

public class ProgramPertamaSaya {

    public static void main(String []args) {
       System.out.println("Hello World");
    }
} 

Bahasa Pemrogramman C# (C Sharp)

Csharp begitu pembacaannya, di indonesia sudah termasuk bahasa yang populer dan banyak digunakan programmer dalam membangun aplikasi desktop dan web dengan skala besar dan komplex. Bahasa C# juga merupakan turunan dari bahasa C, C++ dan Java. C# merupakan bahasa program yang masih tergolong baru dan murni object-oriented sama halnya dengan bahasa java serta bahasa C# juga bahasa yang modern. Namun bahasa C# sangat bergantung pada .Net Framework khusus untuk windows dan Mono untuk Operating System yang lain.

Berikut cara penulisan Hello World menggunakan bahasa C#

using System;
namespace HelloWorldTutorial
{
   class HelloWorld
   {
      static void Main(string[] args)
      {
         /* my first program in C# */
         Console.WriteLine("Hello World");
         Console.ReadKey();
      }
   }
}

Kesimpulan Artikel

  • [accordion]
    • Bahasa Pemrogramman C
      • Bahasa Pemrogramman C merupakan Bapak dari bahasa Pemrogramman yang ada serta tidak mendukun Class (Object Oriented Programming), Biasa digunakan dalam pengembangan Software Komputer.
    • Bahasa Pemrogramman C++
      • Bahasa C++ sangat populer karena mendukung class-class atau OOP. Bahasa C++ merupakan pembaharuan dari bahasa sebelumnya yaitu C, dan sering digunakan dalam pengembangan Aplikasi Game.
    • Bahasa Pemrogramman Java
      • Java merupakan bahasa yang Berorientasi Object dan bergantung pada JVM untuk menjalankan aplikasi java.
    • Bahasa Pemrogramman C#
      • C# (Csharp) merupakan dikembangkan dari 3 bahasa sebelumnya, yakni C, C++ dan java. C# merupakan bahasa pemrogramman yang modern dan cocok untuk pengembangan aplikasi berskala besar.

Dari penjelasan yang singkat diatas, kamu pasti sudah bisa menilai bahasa pemrogramman yang mana yang cocok untuk kamu pelajari, tips dari penulis : pilihlah satu bahasa program dan kuasai sampai tuntas. Jika sudah mahir dalam satu bahasa maka akan sangat mudah untuk menguasai bahasa yang lainnya. Terima kasih