Top Ad 728x90

Wednesday, April 6, 2016

, ,

Python Bahasa Pemrograman yang Mudah dipelajari Bagi Pemula

Belajar bahasa pemrograman python khusus pemula : berikut bahasa pemrograman yang paling mudah dan populer untuk dipelajari terutama bagi pemula yang ingin belajar programming desktop dan aplikasi website.

Bahasa Pemrograman yang Mudah dipelajari Bagi Pemula

Belajar bahasa pemrograman memang bukan sekedar pekerjaan bagi seorang programmer baik programmer aplikasi desktop maupun web, melainkan sebuah hobby. Dengan menggeluti dunia programming yang memang sebuah kesenangan tertentu bagi seseorang dalam membuat project – project aplikasi dan dibayar dengan budget besar bukankah terdengar menyenangkan? Bagi penulis pribadi juga itu merupakan sebuah hayalan yang masih jauh dari harapan. Namun walaupun begitu saya tidak pernah mau berhenti untuk belajar bahasa pemrograman demi untuk menjadi seorang programmer professional.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari bagi kita seorang pemula. Baik bahasa pemrograman berbasis Desktop maupun website. Dalam kesempaan ini penulis akan menyarankan bagi kamu yang ingin belajar pemrograman muali dari nol, kamu bisa mempelajari algoritma pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Kenapa Harus bahasa pemrograman Python ? Seperti kita ketahui bahasa program populer saat ini di indonesia maupun dunia adalah termasuk salah satunya bahasa pemrograman Python, Python merupakan bahasa pemrograman populer dan sangat mudah dipelajari khususnya untuk seorang pemula yang ingin benar-benar memasuki dunia programming dan juga selain bahasa pemrograman Java.

Bahasa pemrograman Python merupakan bahasa tingkat tinggi dan open source yang mudah kamu gunakan dan dikembangkan. Bukan hanya aplikasi NASA yang banyak menggunakan bahasa pemrograman Python ini, Search Engine Google misalnya dalam aplikasi search -nya menggunakan algoritma kompleks dari python. Dan masih banyak situs raksasa yang menggunakan pemrograman python untuk aplikasi utamanya seperti situs raksasa penyedia layanan hosting file DropBox dan GitHub.

Bahasa pemrograman Python sendiri sangat banyak dipergunakan untuk membuat aplikasi – aplikasi tentang Security. Memang keunggulan utama dari Python adalah dibidang security dan jauh ketinggalan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Disamping kemudahan dalam proses pembelajaran bahasa Python karena tabulasi dari syntax-syntax-nya sangat tertata rapi dan terstruktur.

Apa saja persiapan sebelum Belajar Python?

  1. Sebelum kamu memulai belajar bahasa program populer ini,pastikan komputer yang kamu gunakan sudah terinstall aplikasi python yang bisa kamu download secara gratis di situs resmi python https://www.python.org/downloads/ sampai tulisan ini dipublish python telah mencapai versi 3.5.1.
  2. Gunakan NotePad / Text editor kesayangan kamu untuk menuliskan Script pelajaran pertama kamu menggunakan bahasa pemrograman python atau bisa juga langsung menggunakan aplikasi python yang sudah kamu download sebelumnya.

Membuat Aplikasi Hello World Dengan Bahasa Pemrograman Python

Untuk menampilkan pesan di layar dalam bahasa pemrograman python kamu hanya perlu membuat perintah "print", lihat contoh berikut :

print "Hello, Python!"

simpan file dengan nama HelloWorld.py dan Eksekusi diterminal dengan perintah

C:\Python27>python HelloWorld.py

Maka akan muncul pesan "Hello, Python!" di terminal kamu.

Catatan :

Dalam tutorial belajar bahasa pemrograman python ini penulis menggunakan python versi 2.7, kamu bisa saja menggunakan python versi terbaru dan code yang digunakan tidak akan terlalu berbeda.

Bagaimana dengan pembelajaran bahasa pemrograman python selanjutnya? Kamu bisa berlangganan e-mail dengan ngehh.id untuk mendapatkan informasi dan tutorial programming python dana bahasa pemrograman lainnya ke e-mail kamu update dan gratis setiap hari.

Terima kasih.