Top Ad 728x90

Sunday, April 3, 2016

,

Membuat Website/Blog dengan Codeigniter PHP Framework

Tutorial belajar CodeIgniter 3.0 : cara mudah membuat website dan Blog serta aplikasi menggunakan php framework populer codeigniter khusus untuk pemula dan pengertian tentang Codeiniter (Kelebihan dan Kekurangan) Php Framework.


PHP Framework memang sangat populer di indonesia untuk saat sekarang ini, banyak para webmaster dan pengembang aplikasi berbasis website hijrah dari programmer Php Native menjadi pengembang website menggunakan framwork, salah satu php framework paling populer di indonesia tahun 2016 ini adalah Codeigniter. Codeigniter memiliki banyak keunggulan – keunggulan yang membuat dirinya disukai banyak pengembang aplikasi website. Kami akan membahas satu per satu keunggulan dan juga kekurangan yang dimiliki php framework ini.

Keunggulan dan Kelebihan Codeigniter dibanding dengan Framework lain :

Codeigniter adalah Open Source (gratis)

Php framework Codeigniter yang memiliki lisensi Apache/BSD style open source menjadikan framework ini bebas digunakan oleh siapapun dalam membuat aplikasi website menggunakan Codeigniter. Kamu bisa belajar dan berkarya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Bisa dijalankan pada PHP terbaru

Codeigniter php framewok support dijalankan pada php versi terbaru saat ini serta php versi sebelumnya. Dikarenakan masih banyaknya aplikasi yang menggunakan php versi 4, Codeigniter sangat memperhatikan kebutuhan – kebutuhan dari penggunanya, dan kamu bisa menggunakan Codeigniter walaupun menggunakan php versi 4 sekalipun.

Ukuran File Kecil dan Cepat

Codeigniter mempunyai ukuran yang bisa dibilang kecil untuk jenis php framework dan dibanding dengan framework lainnya. Selain itu dengan ukuran yang kecil Codeigniter juga memiliki akses yang sangat cepat, bila kamu bandingkan dengan framework lain dan kamu menginginkan akses yang tercepat kami menyarankan kamu menggunakan Codeigniter.

Alasannya Codeigniter hanya akan menggunakan fungsi atau library yang digunakan dalam aplikasi tersebut saja, jika suatu library tidak dipakai maka Codeigniter tidak akan memanggil library tersebut, beda halnya kalau kamu menggunakan Framework lainnya yang menggunakan seluruh library sekalipun library tersebut tidak digunakan. Dari kesimpulan diatas kamu disarankan mencoba dan menggunakan php framework Codeigniter ini.

Memiliki Dokumentasi yang lengkap

Framework Codeigniter memiliki pengguna yang banyak dan gemar berbagi. Dengan banyaknya komunitas dari pengguna Codeigniter ini semakin mudah untuk mencari referensi dan dokumentasi untuk kamu yang ingin belajar membuat aplikasi dengan Codeigniter. Dari situs resmi Codeigniter juga sudah menyediakan dokumentasi yang cukup mudah untuk dipahami khususnya bagi.

Codeigniter Memiliki konsep MVC

Codeigniter menggunakan konsep MVC (Model View Controller) sebagaimana framework php lainnya, konsep MVC pada php framework merupakan sistem modern yang hampir keseluruhan php framework populer menggunakan konsep ini. Dengan menggunakan konsep MVC, dalam pengembangan aplikasi maupun dalam membangun aplikasi yang kompleks akan memudahkan programmer dalam pemisahan antara logika dengan layout.

Kekurangan Php Framework Codeigniter

Seperti yang kita ketahui Codeigniter merupakan php framework terpopuler yang dikembangkan oleh Ellislab dan bukan oleh suatu komunitas, yang menyebabkan update core engine-nya tidak secepat framework lain. Berikut beberapa kekurangan dari php framework Codeigniter :

  1. Dikhususkan untuk pengembangan situs yang tidak terlalu kompleks serta untuk aplikasi yang berskala kecil sampai menengah, bukan untuk aplikasi yang lebih kompleks.
  2. Tidak terlalu mencerminkan konsep MVC yang sesungguhnya dalam framewrok Codeigniter ini, misalnya saja dalam penulisan echo kamu masih bisa menuliskan perintah tersebut dari controllernya.

Diatas merupakan sedikit pembahasan tentang framework Codeigniter, seperti judul pembahasan ini langsung saja kita akan membuat aplikasi pertama kamu menggunakan framework Codeigniter.

Install Codeigniter 3.0 di Localhost

Apa yang harus disiapkan sebelum menginstall CodeIgniter? Pertama kamu harus mendownload CodeIgniter pada situs resminya. Situs resmi codeigniter di https://www.codeigniter.com/ dan kamu bisa memilih versi stabil dari framework ini. Dalam tutorial ini kami menggunakan CodeIgniter versi 3.0.6, silahkan download dan ekstrak file tersebut di localhost. Berikut struktur file yang ada di folder codeigniter :

Install CodeIgniter di Localhost
Membuat Website/Blog dengan Codeigniter PHP Framework

Jika semua sudah selesai, kamu juga sudah selesai membuat aplikasi pertama menggunakan codeigniter. Kok cepat sekali ? ya.. pada tutorial codeigniter lainnya kami akan membahas tentang pembuatan aplikasi yang lebih kompleks menggunakan codeigniter ini. Untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami silahkan bergabung dan follow ngehh.id. terima kasih.