Top Ad 728x90

Sunday, April 24, 2016

, ,

Koneksi VB.NET ke MySQL Database dengan MySqlClient dan ODBC

Belajar pemrograman vb net : cara mudah membuat koneksi vb.net dengan menggunakan database mysql, koneksi database MySql.Data.MySqlClient dan ODBC connections dengan visual studio 2015

Koneksi VB.NET ke MySQL Database dengan MySqlClient dan ODBC

Bahasa pemrograman visual basic .net juga merupakan salah satu bahasa program yang kini populer di indonesia. Aplikasi yang dibangun dapat dijalankan dalam sistem operasi windows dan berjalan dengan .net framework. Dengan menggunakan aplikasi visual studio versi komunitas kamu bisa membuat aplikasi windows form secara gratis.

Bahasa pemrograman vb.net juga terbilang mudah untuk dipelajari khususnya bagi kamu yang masih pemula dan ingin belajar bahasa pemrograman, kamu boleh mencoba dan memulai untuk belajar bahasa basic. Selain penulisan syntax dalam bahas visual basic yang lebih mudah untuk dipahami juga dengan bantuan aplikasi IDE visual studio yang memiliki fitur – fitur debugging yang keren yang memudahkan dalam mengembangkan aplikasi windows.

Dalam tutorial vb.net pertama ini, kita akan lansung membuat sebuah aplikasi yang berhubungan dengan Database, yaitu database MySQL. Membuat koneksi ke Database MySQL dengan menggunakan metode MySQLClient dan ODBC bukanlah hal yang susah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial ini sampai selesai. Kamu juga tentunya nanti bisa mendownload full source code koneksi vb net ini dengan syarat kamu harus subscribe dan follow channelnya ngehh.id. hehehe

2 Cara membuat koneksi VB.Net ke MySQL

Dalam membuat koneksi di visual studio .net kamu bisa saja menuliskan perintah untuk koneksi ke database dalam form yang sama, namun kamu juga bisa membuat sebuah module baru atau class baru dan khusus untuk koneksi ke database saja. Dalam tutorial ini penulis akan membuat koneksi dengan menggunakan module koneksi dan bisa dipanggil dari manapun dalam sebuah project. Ikuti langkah – langkahnya :

Penting
Dalam tutorial membuat koneksi database mysql ke vb.net kamu harus menyiapkan database MySQL terlebih dahulu. Searching di ngehh.id tentang cara membuat database MySQL

#1. Memuat Koneksi Vb.net dengan ODBC

Persiapan sebelumnya kamu diwajibkan mendownload dan menginstall driver MySQL Connector/ODBC yang berguna untuk menghubungkan aplikasi kamu dengan database tentunya. Dalam tutorial ini juga penulis menggunakan driver MySQL connector versi 5.1, kamu bisa mendownloadnya di situs resmi MySQL atau langsung di sini http://dev.mysql.com/downloads/connector/odbc/5.1.html

Langsung saja buat project baru di visual studio kamu, saya menggunakan visual studio 2015. Buatlah project baru dengan nama BelajarKoneksiDatabase, dan pada form1.vb designlah tampilan aplikasi kamu seperti gambar berikut :
Membuat koneksi vbnet database mysql

Membuat Koneksi ODBC Driver dan MySQL Client

Pada komputer/laptop kamu silahkan buka Administrative Tools yang ada di control panel > System and Security > Administrative Tools dan pilih ODBC Data Sources. Ingat jika kamu menggunakan visual studio 64bit silahkan pilih data sources 64 bit, begitu juga sebaliknya.

Buatlah Data Sources baru dengan cara klik New > pilih MySQL ODBC 5.1 Driver > Finish. Sesuaikan Data Sources dengan database server yang kamu gunakan. Lihat gambar berikut dan sesuaikan dengan database kamu :
membuat data source koneksi vb net

Jika sudah selesai jangan langsung di save, silahkan di test terlebih dahulu. Jika koneksi sudah ok baru di save.

Membuat Module Koneksi

Lanjut dengan pembuatan module baru untuk membuat module koneksi kita dengan cara pada menu Project > Add Module dan beri nama ModuleKoneksi.vb, selanjutnya tuliskan seluruh code koneksi database berikut :

Sub Koneksi dengan ODBC

    Sub openConnectionsODBC()
        Try
            connectodbc = New OdbcConnection("DSN=belajarkoneksi;" _
                                         + "MultipleActiveResultSets=True")
            If connectodbc.State = ConnectionState.Closed Then
                connectodbc.Open()
                MsgBox("Koneksi Berhasil")
            End If
        Catch ex As Exception
            MsgBox("konek Kedatabase Bermasalah")
        End Try
    End Sub

Sub Koneksi Dengan MySQL CLient

    Sub openConnectionsMySQL()
        Try
            connectMySQL = New MySqlConnection("Server=localhost;" _
                                               + "user id=root;" _
                                               + "password=;" _
                                               + "database=k13new")
            If connectMySQL.State = ConnectionState.Closed Then
                connectMySQL.Open()
                MsgBox("Koneksi Berhasil")
            End If
        Catch ex As Exception
            MsgBox("konek Kedatabase Bermasalah")
        End Try
    End Sub

Deklarasikan koneksi odbc dan mysql client

    Public connectodbc As OdbcConnection
    Public connectMySQL As MySqlConnection

Import NameSpace

Import NameSpace
Imports System.Data.Odbc
Imports MySql.Data.MySqlClient

Code untuk memutuskan Koneksi Database

    Sub closeConnection()
        connectodbc.Close()
        connectMySQL.Clone()
    End Sub

Seluruh code diatas merupakan code modulekoneksi.vb yang akan membuat koneksi ke database dan memutuskan koneksi dari database. selanjutnya kita akan memanggil koneksi dari form1.vb. sehingga keseluruhan code pada form1.vb seperti berikut :

Public Class Form1
    Private Sub Button2_Click(sender As Object, e As EventArgs) _
        Handles Button2.Click
        openConnectionsODBC()
    End Sub

    Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) _
        Handles Button1.Click
        openConnectionsMySQL()
    End Sub

    Private Sub Button3_Click(sender As Object, e As EventArgs) _
        Handles Button3.Click
        closeConnection()
    End Sub
End Class

Jika sudah beres, silahkan jalankan aplikasi koneksi ke database kamu dengan menekan tombol F5. Dibawah ini merupakn seluruh source code untuk membuat koneksi vb.net ke database mysql yang bisa kamu download secara gratis di https://www.dropbox.com/s/rh75mrz3fxv9aah/BelajarKoneksiDatabase-ngehh-id.zip?dl=0

jangan lupa share dan subscribe blog kami jika bermanfaat. terima kasih :)