Top Ad 728x90

Saturday, April 23, 2016

, , , ,

3 Cara Membuat Koneksi PHP ke Database MySQL yang Disarankan

Belajar pemrogramman PHP : cara membuat koneksi php ke database MySQL dengan MySQL Extension, MySQLi Extension dan PDO (PHP Data Objects) Extension. Belajar php sampai ngehh di www.ngehh.id

Membuat Koneksi PHP ke Database MySQL

Bahasa pemrograman berbasis web PHP saat ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak diminati oleh kalangan web designer dan paling populer di Indonesia. Selain performa yang dimiliki dan fitur – fitur baru dan canggih yang ada pada PHP7 yang baru saja di update membuat programmer PHP semakin girang. Bahasa pemrograman PHP terutama di Indonesia paling sering digunakan dalam mengembangkan dan membuat aplikasi berbasis website. Selain PHP framewrok yang lagi nge-trend untuk sekarang ini. Misalnya saja Laravel yang semakin populer dan merupakan framewroknya PHP.

Pelajaran pertama dalam tutorial belajar PHP khusus pemula pada kesempatan ini tentang bagaimana cara membuat koneksi PHP ke database MySQL yang mungkin sudah banyak dibahas di Internet. Namun disini kami sedikit membedakan tutorial dasar PHP ini. Dimana kita akan membuat sebuah koneksi PHP ke database MySQL dengan cara penulisan yang berbeda, diantaranya membuat koneksi php mysql extension, mysqli extension, dan PDO (PHP Data Objects).

Mendengar kata PDO mungkin bagi yang masih awam dengan bahasa pemrograman terutama PHP akan terdengar asing. Apa sih dimaksud dengan PDO (PHP Data Objects) ? PDO merupakan singkatan dari PHP Data Objects dan merupakan cara yang paling ramping dan paling konsisten untuk mengoneksikan data ke database server. PDO merupakan interface universal yang sudah disediakan oleh PHP sendiri dan akan memudahkan sang developer untuk membuat koneksi ke database yang digunakannya. Penggunaan PDO dalam aplikasi PHP akan sangat membantu sang programmer jika suatu hari ingin migrasi dari suatu database ke database yang lain dengan mudah hanya perlu mengganti cara pemanggilan awal PDO dan dengan otomatis bisa digunakan untuk database yang baru.

Jika kamu membuat koneksi PHP ke database MySQL dengan cara menggunakan MySQL extension dan MySQLi extension kamu harus memodifikasi keseluruhan code jika suatu saat kamu ingin migrasi menggunakan database lain. Sangat merepotkan seorang programmer php.

Berikut Database Server yang didukung menggunakan PDO

  1. CUBRID (PDO)
  2. MS SQL Server (PDO)
  3. Firebird (PDO)
  4. IBM (PDO)
  5. Informix (PDO)
  6. MySQL (PDO)
  7. MS SQL Server (PDO)
  8. Oracle (PDO)
  9. ODBC and DB2 (PDO)
  10. PostgreSQL (PDO)
  11. SQLite (PDO)
  12. 4D (PDO)

Cara Mengaktifkan PDO Extension

Unatuk mengconfigurasi dan mengaktifkan PDO Extension di localhost atau server kamu silahkan buka file PHP.ini, letak file php.id biasanya berada dalam folder xampp/php/php.ini. kamu bisa menmbuka php.ini dengan text editor kesayangan kamu. Aktifkan extension=php_pdo_mysql.dll dengan cara menghapus tanda (;) jika menggunakan database MySQL. Jangan lupa save kembali dan restart Xampp Controll Panel kamu. Setelah selesai semuanya siap untuk digunakan.

Membuat koneksi PHP ke database MySQL menggunakan MySQL Extension


<php
    $yourserver="localhost"; // Nama server Kamu
    $user="root"; // User Server
    $pass=""; // Password Server
    $db="test"; // Nama Database
    $konek=mysql_connect($yourserver, $user, $pass);
if ($konek) {
    mysql_select_db($db) or die ("Database Tidak Ditemukan");
    echo "Koneksi Berhasil";
    } else {
    echo "Koneksi Gagal";
}
?>

Membuat koneksi PHP ke Database MySQL menggunakan MySQLi Extension


<php
    $yourserver="localhost"; // Nama server Kamu
    $user="root"; // User Server
    $pass=""; // Password Server
    $db="test"; // Nama Database
    $konek=new mysqli($yourserver, $user, $pass);
if ($konek) {
    mysql_select_db($db) or die ("Database Tidak Ditemukan");
    echo "Koneksi Berhasil";
    } else {
    echo "Koneksi Gagal";
}
?>

Membuat Koneksi PHP ke Database MySQL menggunakan PDO


<php
    $yourserver="localhost"; // Nama server Kamu
    $user="root"; // User Server
    $pass=""; // Password Server
    $db="test"; // Nama Database
    $konek=new PDO('mysql:host=$yourserver;dbname=$db', '$user', '$pass');
?>

Dengan membuat koneksi php ke database mysql menggunakan cara penulisan dengan MySQL Extension tidak direcomendasikan untuk menggunakannya. mari kita migrasi dan kembali membuat koneksi aplikasi menggunakan PDO. belajar bahasa pemrograman PHP dengan mengandalkan PDO sebagai extension koneksi akan membuat kamu menemukan hal yang paling baru.

Follow dan subscribe ngehh.id ya. terima kasih.