Top Ad 728x90

Monday, April 25, 2016

, , , ,

Buat Game Android 3D Unreal Engine 4 vs Unity3D 5, Mana yang Lebih Populer?

Belajar membuat game android bahasa indonesia : Aplikasi game 3D dan 2D Engine Unreal Engine dan Unity3D Engine dalam mengembangkan game android dan desktop, Game engine mana yang kamu gunakan?

Unreal Engine 4 vs Unity3D 5

Pengembangan Aplikasi Game 3D dan 2D saat ini memang sedang populer menggunakan Engine game yang terpopuler dikalangan Game Development baik berbasis game desktop, game IOS maupun game Android yang sangat membantu sang developer dalam mengembangkan dan membangun game yang komplex sekalipun. Salah satu engine game terpopuler saat ini tahun 2016 adalah unity3D Engine yang merupakan aplikasi pengembang dan pembuat game android paling banyak digunakan. Tutorial pembuatan game android menggunakan Unity3d Engine juga sudah banyak kami posting di blog ini.

Selain mengembangkan game dengan menggunakan Unity3D, bagi kamu yang masih pemula dalam dunia game developmet mungkin belum pernah mendengar yang namanya Unreal Engine. Ya.. aplikasi Unreal Engine merupakan engine pengembangan game yang populer dan tidak kalah dengan Unity3d. Tahun 2016 ini Unreal Engine merupakan salah satu game engine diantara ratusan game engine lainnya yang terbaik merurut game developer sendiri. Hal itu disebabkan karena game yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine memiliki tampilan grafis 3D dan 2D yang memukau. Lighting, shadow dan detail nya hampir mendekati grafis console game.

Ada banyak sekali game – game populer baik berbasis desktop maupun untuk smartphone yang berbasis Android yang dikembangkan dengan menggunakan Unreal Engine. Misalnya saja Game Infinity Blade 1 dan 2, Lili, Dark Meadow. Sampai saat tulisan ini dipublish, Unreal Engine sudah sampai pada versi 4.11 dan berita terHOTnya untuk versi 4 Unreal Engine bisa didownload dan digunakan secara gratis, kamu hanya akan dikenakan biasa sebesar 5% jika pendapatan dari aplikasi game yang kamu buat jika sudah lebih dari $3000.

Berikut kami rangkum keunggulan yang dimiliki Unreal Engine 4 dan Unity3D 5 sehingga tidak membingungkan bagi kamu yang ingin belajar membuat game dengan menggunakan aplikasi terbaik yang mudah kamu pelajari.

Keunggulan Unreal Engine 4

  1. Unreal Engine versi 4 bisa kamu gunakan secara gratis tanpa harus membayar sepeserpun. Dengan bermodalkan koneksi internet dan kamu bisa mendownload serta menginstall aplikasi Unreal Engine di PC kamu.
  2. Unreal Engine versi 4 memiliki tampilan grafis yang tidak bisa diperca sehingga begitu realistis.
  3. Dalam mengembangkan aplikasi game dengan Unreal kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Blueprints Visual Scripting system, atau menggunakan bahasa pemrograman C++.
  4. Asset yang bisa kamu gunakan secara gratis dan full featured dari Unreal Engine. Sangat banyak sekali asset yang dipublish pada Unreal Engine oleh jutaan pengembang aplikasi game Unreal Engine yang bisa di pakai dalam membuat project game kamu.
  5. Platform yang bisa dijalankan dengan menggunakan Unrela Engine adalah Windows PC, Mac OS X, iOS, Android, VR, Linux, SteamOS, HTML5, Xbox One, dan PS4.
  6. Unreal Engine memiliki Dokumentasi yang lengkap baik berupa video tutorial yang di upload berbagai game developer dari seluruh penjuru dunia.

Keunggulan Unity3D Versi 5

  1. Membuat aplikasi game android menggunakan Unity3D lebih diutamakan untuk seorang pemula, dan Unity3D tersedia dengan dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Kamu bisa menggunakan versi gratis dan tidak akan mendapat full featured yang tersedia dalam Unity3D. Kecuali menggunakan versi berbayar.
  2. Unity3D juga memiliki tampilan grafis yang professional, namun menurut penulis untuk masalah tampilan Unreal Engine lebih efektif.
  3. Membuat aplikasi game dengan Unity3D bisa menggunakan bahasa pemrograman C#(c Sharp) dan Java Script. Berbeda dengan Unreal Engine
  4. Asset yang bisa digunakan dalam Unity3D versi gratis dalam mengembangkan sebuah Project game berbeda dengan menggunakan Unity3D versi berbayar. Sehingga kamu hanya disarankan menggunakan Unity3D versi free dalam tahap pembelajaran. Dan gunakan versi pro untuk membangun project game yang komplit.
  5. Platform yang bisa dijalankan jika menggunakan Unity 3D adalah Windows PC, Mac OS X, Linux, Web Player, WebGL, VR(including Hololens), SteamOS, iOS, Android, Windows Phone 8, Tizen, Android TV dan Samsung SMART TV, Xbox One & 360, PS4, Playstation Vita, dan Wii U.
  6. Unity3D Engine  juga mempunyai Dokumentasi yang lengkap yang di upload berbagai game developer dari seluruh penjuru dunia.

  • [message]
    • Kesimpulan
      • Dalam mengembangkan game berbasis Desktop, penulis lebih memilih menggunakan Unreal Engine karena lebih efesien dan performa yang lebih tinggi. Namun jika kamu hanya ingin membangun aplikasi game yang tidak terlalu komplex seperti aplikasi game android, kamu disarankan menggunakan Unity3D, selain itu juga lebih mudah dipelajari dalam membuat aplikasi game bagi kamu yang memang buta dalam bahasa pemrograman.

Jika kamu seorang developer game android, desktop maupun IOS kamu bisa berbagi cerita dengan kami dengan cara berkomentar di bawah ini ya. Kamu juga bisa mendapatkan artikel unik dan tutorial – turorial keren lainnya langsung dari situs ngehh.id secara gratis setiap hari. Terima kasih.