Top Ad 728x90

Monday, April 18, 2016

, , ,

MariaDB: MariaDB vs MySQL Performance 2016

Database MariaDB : keunggulan dan Kelebihan serta Kesamaan dari database MariaDB vs database MySQL Performance yang membuat pengembang aplikasi migrasi ke MariaDB yang belum kamu ketahui

Keunggulan MariaDB dibanding MySQL

Apa yang dimaksud dengan MariaDB? Apa sih MariaDB itu? Pertanyaan seperti itu mungkin ada dibenak kita saat pertama kali mendengan database populer tahun 2016 MariaDB ini. MariaDB adalah sebuah nama Database yang masih tergolong baru dan mungkin bagi sebagian orang apalagi pemula belum mengenal bahkan belum pernah mendengar nama Database MariaDB. Kebanyakan orang indonesia hanya menggunakan beberapa database populer untuk project besar maupun kecil seperti MySQL, SQLite, SQL Server, Ms Access dan sebagainya.

Dengan kehadiran Database MariaDB ini membuat banyak pengembang aplikasi migrasi dari MySQL ke MariaDB. Kok bisa? Ya karena MySQL untuk saat ini sudah diambil alih oleh perusahaan ternama Oracle. Yang kabarnya jika tiba waktunya MySQL sudah tidak gratis lagi atau bahasa gaulnya di-komersilkan. Dengan adanya keputusan dari pihak Oracle sendiri membuat pengembang MySQL sebut saja namanya Michael “Monty” membuat database baru dan diberi nama MariaDB. Intinya MySQL dan MariaDB itu sama, namun dalam pengembangan MariaDB banyak fitur – fitur baru yang ditambahkan dan belum ada pada MySQL sebelumnya.

MariaDB sendiri lebih powerfull dibanding dengan MySQL, itu dikarenakan MariaDB dikembangkan oleh komunitas yang ada diseluruh dunia, sehingga bug yang terdapat dalam MariaDB bisa di fix secepat mungkin, selain gratis MariaDB akan sangat lebih efektif dalam mengurus data-data aplikasi pengembang.
Situs raksasa seperti Google.com dan Wikipedia.org juga sudah migrasi dan sekarang sudah menggunakan database MariaDB. Dengan migrasinya situs raksasa tersebut membuat pengembang aplikasi lain kembali menganalisa apa keunggulan dan kelebihan yang dimiliki database MariaDb ini.

Apa Keunggulan MariaDB dibanding MySQL?

  1. Karena MariaDB dan MySQL memiliki pengembang yang sama sehingga MariaDB memang didesign compitible dengan MySQL. Ini akan sangat memudahkan bagi pengembang aplikasi untuk migrasi ke MariaDB.
  2. MariaDB merupakan Open Source alias gratis.
  3. Syntax yang digunakan dalam Database MariaDB sama persis dengan syntax MySQL, jadi jika kamu programmer database MySQL jangan khawatir jika migrasi menggunakan MariaDB. Toh syntaxnya sama kok.
  4. Memiliki fitur yang lebih banyak dibanding MySQL. Misalnya seperti users statistics, table elimination pada subquery, dan lain-lain.
  5. Performansi pada Database MySQL sebelumnya sudah baik. Namun, MariaDB kembali mengembangkan MySQL database dan memperbaiki performa dari database tersebut.
  6. Dikembangkan oleh Michael "Monty" sang pengembang database MySQL dan pasti dikembangkan dan dapat digunakan oleh siapa saja secara open source.

Apa Kesamaan MariaDB dan MySQL?


  • Database baru dan populer MariaDB yang dikembangkan oleh pengembang Database MySQL memiliki kesamaan hampir di seluruh syntax, dan kompitibel dengan MySQL. Misalnya Port yang digunakan pada MySQL, Socket serta API Client berjalan dengan baik pada MariaDB tanpa susah payah mengubah system yang sudah dibangun.
  • Database MariaDB yang kita kenal sekarang ini yang dikembangkan dari kesempurnaan source code MySQL dan kemudian dikembangkan lagi oleh pengembang dari berbagai penjuru dunia membuat MariaDB lebih handal dan performa lebih terjamin. Shingga menurut penulis, MariaDB merupakan Database masa depan yang wajib kamu coba dan migrasi menggunakan MariaDB.
Jika kamu seorang pengguna MariaDB, kamu boleh berbagi pengalaman tentang kekurangan, kelebihan serta perbedaan antara kedua database populer ini melalui kotak komentar dibawah ini.
Terima kasih.