Top Ad 728x90

Sunday, April 24, 2016

, ,

Kelebihan dan Kekurangan AngularJS JavaScript Terpopuler

Belajar AngularJS bahasa indonesia : mengenal bagian, fitur dan keuntungan serta kekurangan yang dimiliki Angular JS JavaScript Framework terpupuler dan yang paling sering digunakan web developer tahun 2016


Kelebihan dan Kekurangan AngularJS JavaScript Terpopuler
JavaScript paling populer tahun 2016 ini salah satunya adalah Angular JS yang merupakan front-end framework JavaScript yang dikembangkan pertama kali oleh Google Misko Hevery dan Adam Abrons. Dengan keunggulan Framewrok JavaScript ini dan banyaknya fitur-fitur yang powerful dari AngularJS, dalam proses pengembangan atau pembuatan aplikasi menjadi sangat mudah, maupun untuk seorang pemula sekalipun. Selain itu framwork JavaScript Angular JS merupakan open source yang bebas digunakan oleh siapapun tanpa harus membayar alias gratis.

Angular Js juga merupakan JavcaScript Framework yang memiliki data terstruktur dalam pengembangan dan pembuatan website dinamis. Sangat cocok bagi kamu yang ingin memasuki dunia web designer hanya bermodal HTML dan Angular JS. Beberapa fitur utama yang di andalkan oleh Angular JS dan kelebihan dari Angular JS membuat JavaScript Framework yang satu ini menjadi populer dikalangan web designer.

Bagian – bagian utama yang dimiliki framwork AngularJS seperti berikut :

  1. ng-app yang berfungsi sebagai pen-definisi arahan dan link dari aplikasi Angular JS ke html.
  2. ng-model berfungsi untuk arahan data dari aplikasi Angular JS ke input kontrol html.
  3. ng-bind berfungsi sebagai arahan data dari aplikasi Angular JS ke tag html.

Berikut kami jelaskan beberapa fitur utama yang diunggulkan dalam framework AngularJS sebagai berikut :

  1. JavaScript Framework Angular JS merupakan sebuah framework yang sangat efisien dalam dan mengembangkan Rich Internet Applications (RIA).
  2. JavaScript Framework Angular JS merupakan aplikasi MVC (Model, View, Controller).
  3. Dengan menggunakan Aplikasi yang berbasis Angular JS bisa diakses dari semua web browser.
  4. Framework Angular JS merupakan framework JavaScript Open Source alias gratis, dan memiliki komunitas pengembang aplikasi yang banyak.

Beberapa Fitur Core yang dimiliki Angular JS antara lain :

  1. Data binding yang berfungsi untuk sinkronisasi data antara Model dan View yang dimiliki Angular JS.
  2. Scope adalah suatu objek yang mengacu pada sebuah model, sebagai perekat antara Controller dan View.
  3. Controller Merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi javascript yang dibuat dalam Angular JS.
  4. Model View Whatever yang artinya Angular JS tidak mengimplementasikan MVC secara umum, melainkan sesuatu yang lebih dekat sebagai MVVM (Model View View Model).

Keuntungan menggunakan Angular JS seperti berikut :

  • Dengan menggunakan Angular JS dalam pembuatan aplikasi akan memudahkan developer, karena AngularJS sendiri memiliki kemampuan dalam membuat Single Page Application dengan cepat dan mudah.
  • Framework Angular JS mampu berinteraksi dengan HTML dan memilki kemampuan data binding pada html dengan efesiensi yang tinggi.
  • Angular JS Menyediakan Dependency Injection (DI) dimana akan memungkinkan sang developer menulis beberapa komponen dan code yang terpisah satu sama lain. Kita hanya perlu memanggil komponen tersebut jika diperlukan dan bisa digunakan secara berulang.
  • Dengan menggunakan Angular JS sebagai pengembang aplikasi sang developer dapat membuat fungsi dan code yang lebih baik dan lebih ringkas.
Diatas merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Angular JS, keunggulan lainnya masih banyak dan tidak akan muat jika dituliskan semuanya. Jika ingin mengetahui semua keunggulan yang dimiliki oleh Angular JS bisa langsung praktek dan debugging. Namun ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Angular JS sendiri. Apa kelemehan Angular JS?

Kekurangan yang dimiliki Oleh AngularJS :

  • Autentikasi server yang kurang aman.
  • Jika menggunakan web browser dan mendisable fungsi javascript, maka aplikasi tidak akan berjalan. Jadi hanya tergantung dari jenis aplikasi browser yang digunakan.
Jika kamu berminat untuk belajar Angular JS secara serius dan tekun, kamu bisa langsung subscribe media social ngehh.id untuk mendapatkan tutorial – tutorial terbaru dari ngehh.id tentang JavaScript Angular JS berbahasa Indonesia terbaru setiap hari secara gratis. Terima kasih :)