Top Ad 728x90

Thursday, April 7, 2016

, , , ,

JavaScript Library Terbaik dan Populer yang Paling Banyak digunakan

Belajar JavaScript, jQuery, Bootstrap khusus pemula : berikut Library JavaScript paling banyak digunakan webdeveloper dan JavaScript Library terpopuler tahun 2016 dalam mengembangkan applikasi berbasis website

JavaScript Library Terbaik dan Populer yang Paling Banyak digunakan

Bahasa Pemrograman JavaScript yang dikembangkan pertama kali oleh Netscape (dan kemudian Mozilla), sudah bayak membantu dalam proses pengembangan aplikasi website yang kompleks. Dengan bertambah populernya aplikasi berbasis website untuk sekarang ini JavaScript juga semakin ikut berkembang, dikarenakan JavaScript sangat membantu dan bisa membuat aplikasi web dinamis dan JavaScript juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan CSS, selain itu sangat ampuh dikembangkan untuk pembuat web berbasis flash, seperti website game flash.

Library JavaScript dikembangkan untuk membantu sang webmaster dalam mengembangkan aplikasi yang dibangunnya. Dalam kesempatan ini, ngehh.id akan membahas beberapa library javaScript paling populer dan paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi website. Apa saja contoh Library JavaScript itu?

Library JavaScript Paling Populer Maret s/d April 2016


#1. jQuery

Library JavaScript paling banyak digunakan di indonesia maupun dunia oleh web developer yang pertama versi ngehh.id adalah jQuery, bagi kamu seorang webmaster yang sudah lama menjejaki dunia pengembangan aplikasi website mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama jQuery, dimana kamu bisa dengan mudah dalam membuat web dinamis.

Keunggulan dari library jQuery ini adalah proses yang sangat cepat dan dengan ringkas dalam menyederhanakan dokumen traversing, event handling, animating, dan AJAX interactions dalam proses pengembangan aplikasi website dengan waktu minimum. Saat tulisan ini dipublish, jQuery sudah sampai pada versi 2.2.3, kamu bisa menggunakan library JavaScript ini dengan gratis, silahkan download pada situs resminya di http://code.jquery.com/jquery-2.2.3.min.js

Cara Menggunakan jQuery

Bagi kamu yang masih pemula dalam menggunakan jQuery jangan khawatir, kita akan membahas cara menggunakannya bersama – sama, pertama silahkan download jQuery versi terbaru yang sudah disiapkan pada link diatas. Simpan library tersebut di localhost, pastikan struktur folder aplikasi kamu seperti gambar dibawah ini.
Tutorial jQuery

Dan tuliskan seluruh code JavaScript berikut simpan dengan nama index.html :

<html>
<head>
    <title>Belajar JavaScript</title>
    <script src="jquery-2.2.3.min.js"></script>
</head>
<body>
    <button class="button">Sembunyikan</button>
    <h2 id="pesan">Hello World!</h2>
<script>
$().ready(function(){
    $(".button").click(function(){
        $("#pesan").hide();
    });
});
</script>
</body>
</html>

#2. Bootstrap

Apa yang dimaksud dengan Bootstrap?? Bootstrap merupakan salah satu framework yang paling populer dan mampu mengatasi kesulitan programmer dalam mendesain tampilan website seperti yang diinginkan. Framework Bootstrap dilengkapi dengan segala kebutuhan kamu dalam mendesain tampilan aplikasi maupun javascript yang dibutuhkan.

Dengan segala keunggulan Bootstrap ini membuat framework bootsrap begitu populer, selain itu tampilan yang disediakan Bootstrap juga sudah responsive, sehingga mengoptimalkan tampilan aplikasi kamu dalam versi desktop maupun mobile. Saat tulisan ini dipublish, bootstrap sudah mencapai versi v3.3.6, kamu bisa mendownload bootstrap di http://getbootstrap.com/getting-started/#download

Cara Menggunakan Bootstrap

Download Bootstrap dan extrak di localhost, dan pastikan struktur folder project kamu seperti gambar berikut :
Tutorial Bootstrap
Tuliskan seluruh code berikut untuk memulai membuat aplikasi pertama kamu menggunakan bootstrap dan simpan dengan nama index.html

<html>
<head>
    <title>Belajar Bootstrap</title>
    <link href="css/bootstrap.css" rel="stylesheet" media="screen"/>
</head>
<body>
    <h2 id="pesan">Hello World!</h2>
    <!-- Include More Bootstrap class -->
</body>
</html>

Untuk tutorial lebih lanjut tentang pemrograman berbasis web dan desktop silahkan subscribe ngehh.id menggunakan email agar kamu bisa mendapatkan tutorial terbaru dari kami secara gratis dan update setiap hari.

terima kasih