Top Ad 728x90

Saturday, April 30, 2016

15 Game yang Diblokir KPAI Dianggap Berbahaya Bagi Anak dibawah Umur

Berita terbaru : Jenderal Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memblokir game online populer yang dianggap memiliki unsur - unsur kekerasan yang sangat berbahaya bagi seorang anak.

Game yang Diblokir KPAI dianggap Berbahaya Bagi Anak

Banyaknya game android, maupun game desktop terutama game online yang beredar di internet yang bisa dimainkan oleh pengguna internet dimana saja mempunyai dampak positif dan negatif. Terutama bagi penggemar game yang masih anak – anak. Tanpa pengawasan dan bimbingan dari orang tua penggemar game yang mengandung kekerasan dan unsur s*ra sangat berbahaya bagi anak dibawah umur.

Anak laki – laki mempunyai sifat yang agresif dibanding dengan anak perempuan, dimana jika sudah kecanduan dengan sebuah game akan berdampak buruk bagi perkembangan pemikiran sang anak yang bersangkutan. Banyak sedikitnya dia akan menirukan aksi – aksi berbahaya tertentu dari game yang sering ia mainkan, sehingga dapat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Jenderal Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda mengatakan langkah yang paling efektif dalam mengatasi masalah ini dengan melakukan pemblokiran terhadap game – game online yang dirasa mengandung aksi kekerasan sehingga anak – anak akan lebih susah dan tidak bisa mengakses game tersebut. "Anak-anak pasti ingin mencoba seperti yang ada di game, misalnya menendang seperti apa, memukul seperti apa. Khususnya anak laki-laki" kata dia.

Dari berita yang kami dapat, ada sebanyak 15 game yang diblokir oleh KPAI demi  mencegah terjadinya kekerasan yang dilakukan oleh anak – anak dan mencegah terjadinya perilaku yang agresif tentang kekerasan dari seorang anak.

Game – game Populer yang dianggap mengandung unsur kekerasan

World of Warcraft

WoW itulah sebutan yang sering digunakan dalam game World of Warcraft yang populer yang merupakan game online permainan massively multiplayer online role-playing game (MMORPG). Game ini dimainkan oleh semua orang dari seluruh dunia, dimana kita akan memainkan peranan yang berkarakter fantasi seorang superheroik dan menjelajahi dunia maya penuh dengan misteri, sihir, dan petualangan yang tak pernah ada ujungnya. Game World of Warcraft ini merupakan permainan MMORPG terbesar dan terpopuler di dunia untuk saat ini. Sayangnya game World of Warcraft termasuk dalam daftar game yang diblokir oleh pihak KPAI.

Grand Theft Auto (GTA)

GTA merupakan singkatan dari game Grand Theft Auto, dimana GTA merupakan salah satu game yang memiliki genre Action Adventure. GTA dikembangkan oleh Rockstar North, Game desktop populer ini sudah lama dikembangkan sejak dipublish pertama kali dengan versi 1 pada tahun 1997 silam dan diberi dengan nama awal Race And Chase. Sampai saat ini dikenal dengan nama Grand The Auto. Sebelum dikenal di aplikasi komputer, game GTA dikembangkan untuk pengguna Play Station 1. Game GTA ini juga termasuk kedalam buku hitam dengan aksi – aksi yang mengandung unsur kekerasan.

Call of Duty

Game Call of Duty merupakan game terkenal dan populer baik dikalangan orang dewasa maupun anak – anak. Game besutan dari game developer Infinity Ward dipublish pafa akhir Oktober 2003. Game yang bergenre advanture dan aksi ini merupakan game yang memainkan perang menggunakan senjata yang membuat game ini semakin disukai para gamers dari berbagai penjuru dunia.

Point Blank

Point Blank atau sering disingkat dengan nama PB merupakan game yang sangat populer dikalangan remaja yang merupakan game online yang bisa dimainkan dimana saja. Gam PB memiliki genre FPS yang sangat digemari oleh masyarakat dunia. Sebelumnya game Point Blank dipublikasikan oleh NCSoft Zepetto dari Kore Selatan. Game terkenal ini juga telah diblokir di Indonesia karena unsur kekerasan yang sangat berbahaya bagi anak – anak.

Dari sekian banyak game yang dilarang oleh pemerintah masing- masing dengan penjelasan yang singkat, namun ada beberapa game yang dianggap juga mengandung unsur yang sama  seperti game terkenal lainnya misalnya : Cross Fire, War Rock, Counter Strike, Mortal Combat, Future Cop, Carmageddon. Shelshock, Raising Force, Atlantica, Conflict, dan VietnamBully.

Dalam mendidik seorang anak bukan hanya tugas seorang guru, pemerintah, melainkan seluruh anggota keluarga harus ikut bertindak dalam membimbing seorang anak. Dengan melakukan pemblokiran terhadap situs – situs yang sudah dijelaskan diatas semoga seluruh anak – anak khususnya di Indonesia memiliki moral dan karakter yang lebih baik lagi.

Jika kamu seorang game developer yang memiliki kebiasan dalam membuat game yang mengandung unsur seperti diatas, sebaiknya lebih kreatif lagi untuk membuat game yang dapat membantu pertumbuhan dari seorang anak yang msaih dibawah umur.