Top Ad 728x90

Wednesday, April 20, 2016

Ingin Menjadi Programmer, Pertama Apa yang Harus Saya Pelajari?

Belajar bahasa pemrograman : bagaimana cara menjadi programmer professional dan apa yang harus dipelajari jika ingin menjadi seorang programmer handal baik programmer maupun web developer?

cara menjadi programmer

Menjadi seorang programmer merupakan suatu pekerjaan yang sangat membosankan bin memusingkan menurut saya  pribadi, namun dibalik rumitnya code – code dari line pertama hingga syntax yang ke sekian membuat kecanduan dalam belajar bahasa pemrograman. Bahasa pemrogramanpun bermaca – macam, sesuai minat jika kamu ingin menjadi programmer aplikasi desktop kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman C/C++, C#, VB.NET, Java, Android dan lain sebagainya, jika kamu ingin menjadi programmer aplikasi berbasis website kamu bisa belajar bahasa pemrograman PHP Native, Php Framework, Asp.NET, Css, HTML serta pendukung aplikasi website seperti Java Script dan lain – lain.

Menjadi seorang programmer professional bukanlah menjadi hal yang mustahil dan juga bukan hal yang sederhana. Selain giat dan tekun dalam mempelajari bahasa pemrograman yang diminati, kamu juga diwajibkan untuk sabar serta berdo’a dalam proses belajar. Bertanya kepada teman – teman yang sudah mahir dalam bahasa pemrograman tertentu bisa kamu jadikan cara terakhir setelah mencari / browsing di internet maupun forum – forum yang membahas tentang bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah yang sedang kamu pecahkan.

Dalam kesempatan ini, kami ngehh.id akan membagi pengalaman bagaimana cara agar bisa menjadi seorang programmer yang professional dan bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Kami disini tidak akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi website ataupun aplikasi desktop, namun akan memberikan pencerahan dari mana kamu akan memulai jika ingin benar – benar menjadi programmer yang bisa menciptakan dan mengembangkan aplikasi sendiri, baik aplikasi yang berbasis website, desktop maupun mobile seperti game android.

Apa yang harus saya pelajari jika ingin menjadi Programmer ?

Pahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan "programming"

Jika kamu ingin menjadi seorang nelayan, kamu harus tau dulu apa yang dimaksud dengan nelayan itu sendiri, begitu juga jika kamu ingin menjadi seorang programmer kamu harus tau apa itu yang dimaksud dengan program. Kamu juga diwajibkan sebelum memulai belajar pemrograman harus mengetahui sedikit banyaknya tentang bahasa pemrograman, dimuali dari logika pemrograman. Semakin banyak kamu mendapatkan informasi tentang pemrograman maka akan semakin sayang kamu dengan yang namanya code. Dengan adanya perasaan sayang kamu akan lebih mudah memahami dan belajar bahasa pemrograman untuk menjadi seorang programmer.

Kamu bisa browsing sana – sini untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang pemrograman, kamu bisa mampir di forum – forum yang berbahasa indonesia dan lebih bagusnya kamu juga harus memulai untuk memahami bahasa inggris dasar. Bahasa umum dari bahasa pemrograman adalah menggunakan bahasa inggris. Semakin paham dengan bahasa inggris akan semakin mudah proses belajar untuk menjadi seorang programmer yang professional.

Sambil mencari informasi tentang pemrograman tanamlah niat yang baik demi memajukan nusa dan bangsa, paling tidak untuk diri sendiri dan teman sekitar kita. Sebagaimana bahasa pemrograman untuk jaman sekarang ini sangat berperan penting dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya saja disebuah mini market yang menggunakan aplikasi mesin kasir yang bisa menghitung total belanja yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman.

Pilih dan Tekuni sebuah bahasa pemrograman Saja

Setelah mendapatkan informasi dan utak – atik berbagai macam bahasa yang mungkin kamu dapatkan dari teman atau forum maupun media sosial dan bahasa pemrograman yang kamu coba sangat beragam. Dalam kondisi tersebut kamu disarankan untuk memilih dengan sangat teliti dan dari berbagai sudut pandang untuk memilih salah satu bahasa pemrograman yang sudah kamu ketahui. Pilihlah satu bahasa pemrograman yang kamu senangi baik dari sudut pandang populernya bahasa pemrograman tersebut sehingga memudahkan kamu dalam proses belajar dan mudah bertanya sana – sini maupun karena memang sudah melekat dihati.

Kenapa saya harus memilih satu bahasa pemrograman saja? Kamu memang mungkin bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman sekaligus. Namun sangat disarankan dalam proses belajar kamu hanya mempelasari satu macam saja. Keputusan tersebut bukan merupakan tanpa alasan, Logikanya jika kamu mempelajari sekaligus dua bahasa pemrograman maka kemungkinan besar kamu tidak akan sempat menjadi seorang professional, kamu hanya akan bisa setengah dengan bahasa pemrograman pertama dan setengahnya bahasa pemrograman kedua.

Jadi kamu diharuskan memilih satu bahasa pemrograman dan mendalammi bahasa pemrograman tersebut sampai level tertinggi, dan jika kamu sudah mahir baru kamu boleh mempelajari bahasa pemrograman yang lain dengan mudah.

Mulai Belajara Membuat Aplikasi Sederhana

Setelah mengambil keputusan yang sangat berat menurut saya, kamu boleh memulai belajar dari yang paling dasar sambil praktek dalam membuat aplikasi yang paling sederhana terlebih dahulu. Setiap pelajaran yang kamu pelajari harus memang sudah paham baru boleh maju ke step selanjutnya, jika belum paham dan belum bisa bersabarlah dan teus belajar sambil nanya sana-sini sampai kamu mendapatkan jawaban yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa mencari source code atau contoh aplikasi yang ada diinternet yang bisa kamu download secara gratis, kamu bisa melihat contoh aplikasi dan memahami baris – baris code yang dituliskan. Semakin banyak kamu mencoba maka akan semakin banyak pertanyaan yang membawa kamu ke sesuatu yang lebih tinggi.

Cari teman dan Bergabung di Forum Pemrograman

Semakin banyak permasalahan dalam membuat aplikasi dari bahasa pemrograman yang kamu pelajari membuat kamu disarankan untuk ikut bergabung dalam komunitas yang memang banyak membahas pemrograman tersebut. Saat sekarang ada banyak sekali group facebook, forum – forum serta blog – blog yang membahas bahasa pemrograman, salah satunya blog sector code yang beralamat di scqq.blogspot.com.

Kamu juga bisa belajar aplikasi website ataupun desktop dan mobile di situs ngehh.id yang memang dikembangkan untuk tempat belajar pemrograman, membuat aplikasi, serta membuat game android dan dikhususkan untuk pemula. Dengan demikian, dan dengan do’a serta niat yang tulus penulis yakin kamu yang memang benar-benar memiliki semangat yang tinggi akan menjadi apa yang memang kamu impikan. Tips diatas bukan hanya berlaku untuk yang ingin menjadi programmer lho. Untuk menjadi apapun profesinya bisa diwujudkan dengan cara diatas. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang ingin belajar.

Terima kasih.