Top Ad 728x90

Monday, April 25, 2016

, , ,

Belajar NetBeans Java Membuat Koneksi ke MySQL + Source Code

Tutorial belajar java khusus pemula : cara mudah membuat koneksi java database mysql menggunakan NetBeans IDE Java dan download source code aplikasi koneksi database gratis di ngehh.id

Belajar NetBeans Java Membuat Koneksi ke MySQL

Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa program paling populer di Indonesia dan di Dunia saat ini tahun 2016. Bahasa pemrograman java sangat mudah untuk dipelajari khususnya bagi pemula yang ingin memasuki dunia pemrogramman. Keuntungan menggunakan bahasa java salah satunya adalah bisa dijalankan dimana saja, termsuk dalam membuat aplikasi android. Kereeeeen kan?

Dalam membangun aplikasi java, kita bisa menggunakan IDE yang paling sering digunakan para programmer java misalnya Eclipse dan NetBeans IDE. Kedua aplikasi diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam mengembangkan aplikasi java seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya. Namun pada tutorial belajar bahasa pemrogramman java bagi pemula ini kami menggunakan NetBeans IDE yang mana lebih simple dalam penggunaan dan pembelajaran.

Pelajaran pertama dalam pembuatan aplikasi dengan menggunakan bahasa java disini adalah cara membuat koneksi java ke database, yang mana kami menggunakan database MySQL yang mungkin dan umumnya sudah dikenal banyak dari kamu meskipun masih pemula dalam dunia programming. Aplikasi ini bisa kamu buat dengan mudah dan akan kami berikan source kode koneksi java ke database secara gratis. Simak terus tutorialnya.

Apa yang harus disiapkan sebelum membuat koneksi java?

Sebelum mengikuti tutorial ini, kamu harus menyiapkan sebuah database yang dibuat menggunakan MySQL. Jika kamu belum tau bagaimana cara membuat database menggunakan MySQL kamu bisa search di blog ngehh.id yang mana pada artikel yang lalu sudah kami bahas tutorial lengkap mengenai cara pembuatan database dari MySQL.

Download MySQL Connector Java

Selanjutnya download terlebih dahulu Java Connector yang akan menghubungkan aplikasi kita dengan database MySQL, dimana dalam tutorial ini kami menggunakan MySQL Connector Java versi 5.1.2 yang bisa kamu download di link berikut https://www.dropbox.com/s/xuracalv1h4bwhs/fil-mysql-connector-java-5.1.2.jar.zip?dl=0 . Selesai di download silahkan extrak file tadi dan kamu akan menemukan dua buah file yang dibutuhkan dalam membuat koneksi dengan JDBC Driver : mysql-connector-java-5.1.2.jar dan rs2xml.jar

Membuat Project Baru di Java NetBeans IDE

Langsung saja kita akan membuat aplikasi sederhana dengan NetBeans IDE Java, silahkan open dan buat project baru > pilih java applications > next dan beri nama project baru kamu dengan nama Koneksi database mysql > dan Finish. Pada Main Class KoneksiDatabaseMysql.java kamu akan menjumpai code default class java seperti berikut :

/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package koneksi.database.mysql;

/**
 *
 * @author b0x
 */
public class KoneksiDatabaseMysql {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
    }
}

Dalam tahap ini kita akan mengabaikan main class sesaat saja, kita akan langsung membuat form baru yang berfungsi untuk memanggil code koneksi yang akan kita buat. Langsung saja buatlah sebuah form baru dengan cara klik kanan pada source packages project kamu > dan klik new > pilih jFrame Form > beri nama class nya dengan nama "frmKoneksi.java" > dan Finish. Selanjutnya kita akan mendesign tampilan aplikasi sederhananya, lihat gambar dibawah ini :


Import MySQL Connector dan rs2xml

Untuk mengimport MySQL Connector.jar dan dan rs2xml.jar kedalam project baru kamu, silahkan klik kanan pada libraries project > dan Add Jar Folder, cari lokasi penyimpanan file yang sudah kamu ekstrak sebelumnya > dan Open.

Membuat Class Koneksi Java

Desain tampilan aplikasi sederhana kamu dan sesuaikan dengan kebutuhan. Selanjutnya kita akan kembali ke Main class KoneksiDatabaseMysql.java. Dengan code standar bawaan Netbeans ketika membuat project baru java akan terlihat seperti code diatas, silahkan Hapus seluruh code yang ada pada main class tersebut dan tuliskan code untuk membuat koneksi java berikut :

package koneksi.database.mysql;

import java.awt.HeadlessException;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
import javax.swing.JOptionPane;

public class KoneksiDatabaseMysql {
   private static Connection mysqlkonek;
    public static Connection koneksiDB()
            throws SQLException {
    if(mysqlkonek==null){
        try {
            String DB="jdbc:mysql://localhost:3306/delta_db";
            // delta_db adalan nama database MySQL yang digunakan
            String user="root";
            String pass="";
            DriverManager.registerDriver
        (new com.mysql.jdbc.Driver());
            mysqlkonek = (Connection) 
                    DriverManager.getConnection(DB,user,pass);
            JOptionPane.showMessageDialog
        (null,"Koneksi Database Sukses");
        } catch (SQLException | HeadlessException e) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Koneksi gagal");
        }
    }
    return mysqlkonek;
    } 
}

Selanjutnya kita akan memanggil koneksi dari "frmUtama.java" dengan cara klik dua kali pada button1 dan button 2, tuliskan code java berikut :

    private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        KoneksiDatabaseMysql konek = new KoneksiDatabaseMysql();
        try {
            KoneksiDatabaseMysql.koneksiDB();
        } catch (SQLException ex) {
            Logger.getLogger(frmKoneksi.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
        }
    }                                        

    private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        System.exit(0);
    }

Jika semua sudah selesai coba RUN aplikasi sederhana kamu, jika tidak ada error maka setelah menekan tombol "Konek kedatabase" akan muncul pesan "Koneksi ke database Berhasil", sebaliknya jika ada permasalahan dengan koneksi dari aplikasi ke database akan memunculkan pesan "Koneksi gagal".

Jika masih kurang paham dengan tutorial singkat diatas, kamu bisa mendownload source code koneksi java ini pada link berikut :  https://www.dropbox.com/s/oxg7x6k4pvlsa0j/Koneksi-database-mysql-ngehh-id.zip?dl=0

Jangan lupa tinggalkan juga komentarnya bagi yang belum paham. terima kasih.