Top Ad 728x90

Sunday, April 17, 2016

,

Belajar Bahasa Pemrograman ASP.NET Pemula

Tutorial belajar ASP.NET khusus pemula : apa itu ASP.NET? berikut penjelasan keunggulan/keutamaan dan kekurangan bahasa pemrograman populer ASP .NET (Active Server Pages)

Belajar Bahasa Pemrograman ASP.NET Pemula

Hello Web Developer, Jika kamu seorang yang sudah terbiasa dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP native maupun Framework dalam mengembangkan aplikasi berbasis website ada baiknya kamu juga harus mengetahui sedikit dari cara kerja dari aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Asp.NET. Apa itu Asp.Net?

ASP (Active Server Pages) merupakan bahasa pemprograman yang populer dan berjalan dalam IIS (Internet Information Service) Microsoft. Bahasa pemrograman Asp ini belum begitu familiar di Indonesia dan belum bisa digantikan dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP. Namun ada baiknya kamu mengetahui banyak dari situs – situs besar luar negeri menggunakan ASP.NET dalam membangun aplikasi website mereka, misalnya website amazon.com dan ebay.com. Jika kamu seorang programmer VB.NET, C# akan sangat memudahkan kamu dalam membangun sebuah aplikasi berbasis website menggunakan ASP NET, karena ASP .NET sendiri diintegrasikan dengan bahasa pemrograman VB,C#,J# dan sebagainya yang berbasis .NET.

Dengan adanya teknologi dari ASP .NET sangat membantu bagi seorang programmer yang biasa nya hanya bisa membangun aplikasi berbasi desktop berpindah jurusan menjadi pengembang aplikasi website dengan bahasa pemrograman yang sama. Sehingga jaman sekarang ini programmer akan akan bisa juga menjadi seorang web Developer.

Namun sayangnya di Indonesia termasuk negara yang dimana pengguna ASP masih sangat sedikit dan masih awam dengan bahasa pemrograman ASP.NET. sehingga akan sangat menyulitkan bagi seorang yang ingin belajar aplikasi website dengan pemrograman ASP Net untuk belajar.

Dalam kesempatan ini, ngehh.id akan membahas secara detail tentang keuntungan dan kerugian dalam membuat aplikasi menggunakan ASP .NET serta cara membuat aplikasi pertama menggunakan ASP.NET menggunakan Visual Studio 2015. Simak terus tutorialnya ya.

Keutaman dan Keunggulan ASP.NET dibanding PHP

  1. ASP.NET memiliki baris code yang relatif singkat dan jelas dibanding dengan bahasa pemrograman lain meskipun dalam pembuatan aplikasi besar dan kompleks.
  2. ASP NET menyediakan firur built-in Windows authentication, dengan keuntungan untuk membuat aplikasi yang kamu bangun akan jauh lebih aman dibanding pemrograman lainnya.
  3. ASP.NET memiliki kinerja yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman PHP.
  4. ASP.NET mengutamakan kemudahan dalam penggunaan aplikasi khusus untuk penggunanya dalam menconfigurasi sistem yang dibuat menggunakan ASP.NET.
  5. Memudahkan sang Developer dalam membangun aplikasi karena bekerja dengan ADO.NET dengan menggunakan data binding dan feature page formatting dan aplikasi yang kamu kembangkan akan berjalan dengan maksimal tanpa adanya masalah performa.
Beberapa poin diatas merupakan sebagian dari keunggulan dengan menggunakan teknologi ASP. NET, bagaimana dengan kukarangan dalam mengembangkan/menggunakan aplikasi berbasis ASP.NET?

Kekurangan dari Teknologi ASP.NET

  1. Sesuai dengan pengembangnya ASP.NET dikembangkan oleh Microsoft dan tidak kan dapat berjalan jika menggunakan platform non-microsoft dan itu tidak akan meleset tidak bisa gratis.
  2. Project - Project ASP.NET yang mungkin kamu cari sebagai referensi belajar akan sangat jarang diopensource kan atau dikasih secara gratis. Sehingga kamu akan kesulitan mencari komponen, library atau project gratis.
Dari kelebihan dan kekurangn dengan menggunakan bahasa pemrograman ASP.NET tentu kamu bisa membedakan bahasa pemrograman mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu dalam mengembangkan aplikasi berbasis website.

Untuk tutorial ASP.NET selanjutnya akan kami bahas pada postingan berikutnya, jangan lupa share dan subscribe melalui e-mail untuk mendapatkan informasi seputar dunia teknologi, programming serta tips dan trik unik lainnya. Terima kasih.