Top Ad 728x90

Sunday, April 10, 2016

6 Bahasa Pemrograman Paling Aneh, Susah dan Tidak Terkenal

Berita Unik : Berikut Bahasa Pemrograman yang paling aneh, paling susah untuk dipelajari dan bahasa pemrograman yang tidak terkenal di kalangan programmer.

Pemrograman Paling Aneh

Bahasa pemrograman desktop dan aplikasi website memang sangat banyak di dunia ini, ada bahasa pemrograman paling populer dan ada juga yang kurang dikenal oleh programmer lainnya. Apakah kamu seorang programmer PHP, VB.NET, Python, C++,C# ? atau designer mungkin ? kali ini ngehh.id tidak akan menjelaskan tentang bahasa – bahasa pemrograman yang populer, melainkan macam – macam bahasa pemrograman yang kurang diketahui banyak orang dan menurut penulis bahasa pemrograman yang sangat unik. Penasaran? Simak saja artikelnya ya..

Berikut bahasa pemrograman paling unik

#6. Bahasa Pemrograman Piet

Bahasa pemrograman paling unik yang ada di urutan no 6 menurut ngehh.id adalah piet. Piet merupakan bahasa pemrograman yang diberi nama oleh Piet Mondrian. Beliau merupakan seorang professional dibidang seni geometris abstrak yang menyukai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman Piet dikembangkan sejak tahun 2014 silam. Banyak juga yang bisa dilakukan dengan bahasa pemrograman ini, misalnya dalam menampilkan tulisan "Hello World" dengan menggunakan bahasa pemrograman Piet :

Bahasa Pemrograman Piet

Command yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini juga sama seperti kebanyakan bahasa pemrograman populer lainnya, misalnya command : Push, pop, add, not, mod dan masih banyak command lainnya yang bisa kamu gunakan dengan bahasa pemrograman Piet. Tutorial selengkapnya di situs resmi Piet : http://www.dangermouse.net/esoteric/piet.html

#5. Bahasa Pemrograman Malbolge

Pemrograman paling unik lainnya adalah bahasa pemrograman Malbolge, malbolge merupakan bahasa tingkat rendah yang menyerupai bahasa mesin yang mungkin kebanyakan dari programmer tidak akan mengerti untuk mempelajarai bahasa pemrograman ini. Bahasa pemrograman Malbolge dikembangkan oleh Hisashi Iizawa mulai dari tahun 2005. Bahasa pemrograman Malbolge memiliki tiga registers dimana registers a,c dan reisters d.

Contoh pembuatan aplikasi "Hello World" menggunakan bahasa pemrograman Malbolge seperti berikut :

(=<`#9]~6ZY32Vx/4Rs+0No-&Jk)"Fh}|Bcy?`=*z]Kw%oG4UUS0/@-ejc(:'8dc

Script dari baris perintah diatas dibuat menggunakan Malbolge dan akan menghasilkan tulisan "Hello World". apakah kamu yakin mau belajar bahasa pemrograman Malbolge? Langsung saja lihat mengenai Malbolge https://en.wikipedia.org/wiki/Malbolge


#4. Bahasa Pemrograman Befunge

Befunge merupakan bahasa pemrograman rumit alias unik yang lainnya yang ada diurutan ke empat yang bakal bikin kamu pusing. Bahasa pemrograman Befunge bahasa pemrograman 2D yang mulai dikembangkan sejak tahun 1993 dan dikembangkan oleh seorang programmer bernama Chris Pressey. Beberapa command yang bisa digunakan dalam membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman Befunge misalnya : +,-, *,/,>,< dan masih banyak command Befunge lainnya.

Contoh cara membuat aplikasi "Hello World" menggunakan bahasa pemrograman Befunge:

64+"!dlroW ,olleH">:#,_@

Script diatas akan memunculkan tulisan "Hello World" dan kamu bisa melihat detail mengenai Befunge di http://esolangs.org/wiki/Befunge

#3. Bahasa Pemrograman Glass

Bahasa pemrograman unik yang ada di tingkat ke tiga adalah Glass. Glass merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 2005 oleh  Gregor Richards seorang yang ahli dibisang pemrograman. Banyak command yang bisa kamu gunakan dalam bahasa pemrograman ini misalnya : (name), (number), ?,* dan masih banyak command lainnya.
Contoh dalam pembuatan aplikasi "Hello World" menggunakan bahasa pemrograman Glass sebagai berikut :

{M[m(_o)O!"Hello World!"(_o)o.?]}

Script diatas kan memunculkan tulisan hello world dilayar komputer kamu ketika aplikasi dijalankan. Baca lebih detail mengenai Glass di http://esolangs.org/wiki/Glass

#2. Bahasa Pemrograman Whitespace

Whitespace merupakan pemrograman unik lainnya yang dikemangkan oleh programmer yang bernama Edwin Brady dan Chris Morris yang saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa di universitas University of Durham pada 1 April tahun 2003, mereka juga merupakan pengembang bahasa pemrograman unik lainnya seperti bahasa pemrograman Kaya dan Idris.

Syntax yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini seperti : [space], [tab][space], [tab][tab] dan beberapa syntax lainnya. Contoh pembuatan aplikasi "Hello World" menggunakan bahasa pemrograman Whitespace :

Bahasa Pemrograman Whitespace

Script diatas akan memunculkan tulisan "Hello World", jika kamu tertari untuk membaca lebih lanjut silahkan kunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Whitespace_%28programming_language%29

#1. Bahasa Pemrograman Chicken

Ini merupakan bahasa pemrograman, dan bukan sepotong ayam ya hehe. Bahasa pemrograman chicken menggunakan keyword "chicken" dalam setiap perintahnya dan akan berbeda banyak keyword disetiap opcode nya. Dalam membuat aplikasi bahasa pemrograman ini hanya pemrlu menulis sejumlah kata "chicken" dengan jumlah yang berbeda, misalnya dalam membuat aplikasi Hello World menggunakan bahasa pemrograman Chicken :
Bahasa Pemrograman Chicken
Script diatas akan memunculkan tulisan hello world. Lebih detailnya kuncungi saja http://esolangs.org/wiki/Chicken

Mungkin dari sekian banyaknya bahasa pemrograman didunia yang dikembangkan oleh programmer – programmer kreatif diatas adalah hanya sebagian saja, jika kamu hobby dalam pengembangan bahasa pemrograman kamu bisa menambahkan bahasa pemrograman yang sudah kamu buat di kotak komentar. Terima kasih.