Top Ad 728x90

Tuesday, March 22, 2016

, , ,

Tutorial Lengkap Membuat Database MySQL dengan PhpMyAdmin di Localhost

cara mudah belajar membuat Database MySQL di server localhost menggunakan aplikasi Webserver XAMPP dan PhpMyAdmin di komputer kamu, tutorial lengkap step by step dalam pembuatan database MySQL ini khusus untuk pemula.


Apa yang di maksud dengan Database? Database atau disebut juga Basis Data merupakan sekumpulan data yang akan disimpan pada komputer secara sistematis, Database dapat diolah maupun dimanipulasi oleh user dengan menggunakan software atau aplikasi untuk menghasilkan informasi yang diinginkan.
Selanjutnya apa pula yang dimaksud dengan Database MySQL? MySQL merupakan suatu sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source. Database MySQL juga merupakan Database paling populer untuk saat ini tahun 2016.

Gak usah banyak unek-unek lagi langsung saja kita belajar membuat Database MySQL dengna menggunakan PhpMyadmin, apa yang harus disiapkan sebelum membuat Database MySQL? Pertama kamu harus menyiapkan xampp dimana aplikasi xampp merupakan singkatan dari (cross-platform Apache web server MySQL, PHP, Perl). Dengan mengintsall Xampp kamu sudah memiliki webserver di komputer kamu sendiri yang mana pengalamatan secara default nya di http://127.0.0.1 atau http://localhost/ .

Download  dan Install Aplikasi XAMPP

Untuk mendownload Xampp silahkan menuju situs resmi xampp di https://www.apachefriends.org ,

Versi terakhir dari aplikasi xampp adalah 5.5.33, 5.6.19 and 7.0.4.
Selesai mendownload xampp, langsung saja install dan jalankan aplikasi xampp kamu dan pastikan apache dan MySQL kamu telah berjalan seperti gambar berikut :

Membuat Database MySQL dari PhpMyAdmin

Buka Url server PhpMyAdmin kamu dengan browser kesayangan kamu dan masukkan alamat defaultnya http://localhost/phpmyadmin/ ,secara default user yang digunakan untuk login ke PhpMyAdmin adalah "root" dengan password kosong. Selanjutnya jika semua sudah beres dan kamu sudah mengakses halaman PhpMyAdmin kamu, kita akan masuk ke pokok bahasan membuat Database MySql dengan PhpMyAdmin.
Dalam tulisan ini, penulis akan membuat sebuah database dengan sebuah table dan 6 field. Rincian Database yang akan dibuat seperti berikut :

Nama Database : belajar_mysql_db
Nama table : biodata_siswa
Nama field table biodata_siswa :
id_siswa
nama_siswa
kelas
alamat_siswa
nama_ayah
nama_ibu

Pertama buatlah database baru dengan nama belajar_mysql_db, dan create.
Kemudian buat nama table biodata_siswa dengan jumlah fieldnya 6 dan Go.
Selanjutnya kita tinggal membuat field – field yang dibutuhkan untuk tabel biodata_siswa seperti yang sudah tertera dari data diatas. Desain database kamu seperti gambar berikut, dan jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpannya :

Jika berhasil, kita bisa menambah data secara manual dari perintah MySQL atau dengan membuka menu Insert > dan msukkan data sesuai kebutuhan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga bisa memanipulasi Database kamu (Menambah, Mengupdate,Menghapus) data yang ada pada database melalui perangkat lunak atau aplikasi yang akan kamu buat nantinya.