Top Ad 728x90

Friday, March 18, 2016

,

Persiapan Sebelum Belajar Pemrograman Visual Basic .NET

Belajar bahasa pemrograman visual basic .net (VB.NET) dengan microsoft visual studio, ini yang harus kamu siapkan sebelum memulai membuat aplikasi desktop,aplikasi mobile maupun aplikasi berbasis ASP.NET


Apa itu Microsoft Visual Basic .NET ? vb.net merupakan aplikasi yang digunakan untuk membangun atau mengembangkan sebauah aplikasi yang dapat dijalankan pada operating sistem windows yakni diatas sistem .NET Framework yang menggunakan bahasa pemrograman Basic. Visual Basic .NET disingkat dengan Vb.net dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft dan merupakan pengembangan dari visual basic sebelumnya dengan melakukan banyak perubahan dari versi sebelumnya.

Microsoft Visual Basic .Net bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam skala besar, bukan hanya mengembangkan aplikasi windows form, windows console, namun microsoft visual basic.net juga bisa membangun aplikasi web yang berbasis ASP.NET. lalu apa asaja yang akan kamu butuhkan untuk memulai belajar pemrograman bahasa visal basic .net? simak terus artikel ini.

Dalam pembuatan aplikasi baik berbasis desktop maupun web kamu memerlukan beberapa hal seperti berikut,

Microsoft Visual Studio

Microsoft Visual studio adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk belajar membuat aplikasi dengan bahasa basic, Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). selain bahasa basic visual studio juga sudah dilengkapi kompiler bahasa pemrograman lain seperti Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe. Visual studio versi yang terbaru juga sudah bisa digunakan untuk mengembangkan applikasi windows phone yang berjalan diatas .NET.

Koneksi Internet & Niat

Jika kamu ingin belajar pemrograman khususnya untuk artikel ini tentang pemrograman visual basic.net kamu harus mempunyai akses internet atau sorang teman yang memang mengerti dengan bahasa pemrograman vb.net, sehubungan dengan banyaknya pengguna visual basic.net memudahkan kamu untuk belajar secara online dan bergabung dengan forum - forum yang membahas pemrograman vb.net.

Bahasa pemrograman visual basic.net torgolong bahasa pemrograman yang mudah dipahami, sekalipun masih pemula dalam pemrograman, sangat beda jauh dengan bahasa permrograman lainnya seperti bahasa C/C++,Java,C# dan PHP.

Selain beberapa hal diatas yang paling perlu kamu siapkan adalah niat yang kuat untuk mau belajar baik itu secar otodidak maupun dengan seorang guru private. Selama masih dalam proses belajar, kamu boleh menggunakan microsoft visual studio free version, kamu bisa mendapatkannya disistu resmi microsoft.