Top Ad 728x90

Saturday, March 19, 2016

, ,

4 Langkah Membuat Judul Artikel Unik & SEO untuk Meningkatkan Traffic

Belajar membuat judul artikel Seo Friendly & User friendly serta Unik untuk meningkatkan peringkat postingan di search engine dan mendapatkan visitor relevan yang lebih banyak.


Search Engine Optimization yang disingkat dengan SEO merupakan salah satu kebutuhan mutlak dari sebuah web page atau blog untuk mendapatkan posisi ranking yang baik pada search engine baik google, bing, yahoo dan search engine yang lain, ada banyak tips & trik yang sudah pernah dibahas baik tentang teknik SEO off-page dan juga teknik SEO on-page, mungkin di blog sebelah mengenai cara menulis artikel yang baik buat pengunjung dan search engine, namun disinia saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara membuat judul artikel yang unik dan berguna untuk meningkatkan traffic blog kamu.

Seperti yang kita ketahui, search engine mementingkan Judul postingan dari sebuah blog dan selanjutnya deskripsi postingan dan bisa juga dengan permalinks artikel. Dalam postingan ini saya akan membahas ketiga materi tersebut sehingga kita dapat memperoleh trafik sesuai yang ditargetkan. Langkah – langkah dalam membuat judul artikel yang bermanfaat dan SEO friendly serta User Friendly.

Langkah - Langkah Mengoptimalkan Judul Artikel

Mengutamakan judul artikel merupakan kewajiban yang harus dilakukan dalam postingan ini, mengingat tujuan kita adalah membuat artikel yang berkualitas dan untuk mendapatkan lebih banyak trafic pengunjung. Saya akan memberikan dua buah contoh Judul artikel seperti dibawah ini :

Cara Membuat Game Android
Cara Membuat Game Android Untuk Pemula Step by Step

Dari contoh judul diatas, jika kamu sedang mencari bahan belajar diatas, judul yang mana yang akan kamu klik?

Baiklah, pertanyaan diatas tadi tidak usah kamu jawab, mari kita mulai saja pokok bahasannya, namun tolong diluruskan lagi bahwa syarat dalam pengoptimalan judul artikel harus :
  1. Judul artikel harus berhubungan dengan konten unik yang kamu buat.
  2. Judul artikel yang baik adalah judul yang tidak lebih dari 70 karakter karena judul artikel kamu hanya akan tampilan di hasil pencarian Search Engine hanya 70 karakter pertama dari judul postingan kamu.
  3. Judul artikel yang baik harus memiliki sedikitnya satu keyword (Kata kunci) yang merupakan target dari isi artikel yang kamu buat.

langkah – langkah yang sudah kami siapkan dalam mengoptimalkan Judul artikel blog :

Menganalisis Keyword

Sebelum kamu membuat sebuah artikel, kamu harus melakukan analisis terhadap judul yang akan kamu buat, menganalisis keywor (kata kunci) merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan dan merupakan langkah terpenting dalam mengoptimalkan Judul artikel kamu. Ini dikarenakan setelah menganalisis keyword yang dijadikan sebagai target akan memperlihatkan hasil di search engine seberapa banyak keyword tersebut dicari orang lain.

Untuk alat yang kamu gunakan untuk menganalisis keyword sudah sangat banyak tersedia di internet, namun dalam artikel ini kami menyarankan kamu menggunakan "Google's Keyword Planner", selain gratis alat ini juga sangat professional dalam mencari posisi keyword kamu.

Baiklah, sekarang mari kita analisis keyword menggunakan Google's Keyword Planner, jika kamu belum mendaftar kamu harus membuat account terlebih dahulu. Jika sudah silahkan buka halaman Tools Google keyword planner, pilih Keyword Planner.

Selanjutnya kamu tinggal memasukkan kata kunci yang kamu inginkan, mislanya saya akan memasukkan kata kunci "Android".
 Langkah Membuat Judul Artikel Unik & SEO untuk Meningkatkan Traffic

Kamu juga bisa mencari keyword berdasarkan target kategory, negara dan masih banyak pengelompokan yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan Google's Keyword Planner. Setelah selesai kamu akan mendapatkan hasil pencarian sesuai keyword yang kamu cari.
 Langkah Membuat Judul Artikel Unik & SEO untuk Meningkatkan Traffic

Gunakan Keyword dalam Judul Artikel

Setelah melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner ternyata kita menemukan kata kunci "android apps", "android app" dengan peringkat nomor satau dari pencarian search engine dalam bulan terakhir, kamu bisa membuat judul artikel kamu dengan menggabungkan keyword diatas untuk judul artikel kamu, misalnya saya akan menbuat judul "android apps terlaris tahun 2016", namun jangan tergesa – gesa dulu sebelum kamu melihat langkah mengoptimalkan judul artikel selanjutnya

Menggunakan Nomor dalam setiap judul artikel

Judul artikel dengan menggunakan nomor kesannya akan lebih unik dibanding tidak menggunakan nomor, baik dimata search engine maupun oleh user itu sendiri. Dari tahap pengoptimalan judul artikel nomor 2, kita sudah sepakat untuk membuat judul artikel "android apps terlaris tahun 2016", namun kita bisa memodifikasi judul tersebut agar semakin SEO dengan menambahkan nomor seperti berikut "10 android apps ini paling laris tahun 2016".
Bagaimana kelihatan lebih manusiawi dan perfect.

Costum Permalink Judul Artikel

Permalink dari judul artikel kamu juga berpengaruh terhadap peringkat artikel kamu itu sendiri di search engine, bagaimana tidak permalink bisa kita manfaatkan untuk menambah keyword dari judul artikel kita.
Misalnya dengan judul artikel yang sudah kita buat diatas, dengan secara otomatis kita mendapatkan permalink seperti berikut.
http://www.ngehh.id/2016/03/bahasa-pemrograman-paling-.html

Kita bisa costum permalink artikel tersebut dengan memasukkan kata kunci dari judul artikel yang sudah kita buat, misalnya menjadi seperti ini
http://www.ngehh.id/2016/03/bahasa-pemrograman-paling-populer-di-dunia.html

Jika kamu pengguna wordpress, kamu juga bisa menerapkan langkah – langkah diatas untuk mengoptimalkan Judul artikel dan peringkat blog kamu di Search Engine.

Pengalaman ini merupakan pengalaman pribadi dan saya senang berbagi dengan siapa saja pengunjung blog ngehh.id ini, silahkan tambahkan jika ada yang lebih penting lagi, dan jangan lupa subscribe kami melalui email untuk mendapatkan tips & trik terbaru gratis setiap harinya.