Top Ad 728x90

Monday, March 28, 2016

, ,

Membuat Game Android Part 1 : Pengenalan Main Window Pada Unity3D 5.3

Belajar Unity3D Part 1: dalam membuat aplikasi game android tahap pertama kamu harus mengenal beberapa main window dalam Unity3D Engine yang wajib kamu ketahui sebelum mulai mengembangkan game. tutorial membuat game selengkapnya di www.ngehh.id

Pengenalan Menu Window Pada Unity3D 5.3

Sebelum memulai membangun aplikasi game dengan menggunakan unity3D Engine aplikasi game Engine terpopuler dan terbaik sepanjang tahun 2016 ini, ada baiknya kamu melakukan pengenalan dengan tampilan dari window yang ada pada Unity3D engine yang sedikit rumit. berikut kami rangkum menu - menu main window yang wajib kamu ketahui sebelum lebih dekat dengan aplikasi Unity3D Engine.

#1. Project Window

Project Window pada Unity3D merupakan tempat dimana kita membuat project. Project window akan menampilkan seluruh asset file dengan folder – folder yang terstruktur dengan tampilan daftar hirakis. Dengan memilih sebuah folder dan mengklik folder tersebut maka akan ditampilkan seluruh file dari isi folder tersebut.

#2. Assets Window

Dalam window project terdapat Asset window, dimana asset ini merupakan tempat penyimpanan aset-aset game yang akan kamu buat misalnya script, model, sub-folder dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan asset unity (bisa dengan mendownload langsung disitus resmi unity3D Engine) file dan seluruh folder yang kamu download akan otomatis tersimpan di folder assets.
Dalam window asset juga terdapat broadcrumb yang memudahkan kamu dalam mengenali struktur folder yang ada di aplikasi pembuat game terpopuler unity3D ini.

#3. Favorites Window

Favorit window merupakan tempat dimana kamu menyimpan file atau folder yang ada dalam stuktur project Unity3D yang kamu buat. Window Favorit ini akan sangat membantu kamu dalam mengambil atau menyimpan file yang paling sering kamu gunakan dalam pengembangan aplikasi game kamu menggunakan unity3D.

#4. Search Bar

Disamping struktur folder dalam sebuah project unity3D kamu window untuk pencarian juga sudah tersedia. Disini kamu bisa mencari folder, file yang mungkin sudah terlalu banyak dan sudah untuk mencari satu per satu dalam project kamu.


#5. Scene Window

Window Scene merupakan tampilan / windows yang interaktif kamu dengan tampilan/game/mapping yang sudah kamu bangun. Kamu akan merancang aplikasi game kamu di sini. Dalam window scene ini kamu bisa mengatur opsi tampilan seperti tampilan 3D dan tampilan 2D serta tata letak dan posisi Latar Belakang, karakter game kesayangan kamu, kamera, pencahayaan, serta semua aplikasi objek yang kamu gunakan dalam pengembangan aplikasi game kamu. Dengan kemahiran dalam mengolah dan memanipulasi suatu object sehingga terlihat lebih real dan asli akan sangat berpengaruh dan merupakan kewajiban yang utama bagi seorang game developer menggunakan aplikasi unity3D engine.

#6. Game Window

Tampilan dari window Game dalam aplikasi Unity3D merupakan tampilan yang telah diatur dari tata letak camera yang telah kamu atur dari window Scene. Tampilan yang muncul dari window game ini merupakan hasil tampilan akhir dari sebuah aplikasi game kamu, baik dalam sistem operasi android maupun desktop. Semakin kreatif seorang developer mengatur posisi dari camera akan semakin bagus hasil yang akan ditampilkan saat finishing game tersebut.
Dalam Window Game ini terdapat button Play dan Stop. Dimana tombol ini berfungsi untuk debugging game yang sedang kamu kembangkan.

Dari sedikit penjelasan diatas mengenai aplikasi Unity3D tentang pengenalan main window yang wajib kamu ketahui sebelum memulai membuat dan mengembangkan aplikasi game android, IOS dan Desktop dapat kita simpulkan dalam proses pembelajaran membuat game harus benar-benar tekun, ulet, kreatif dan tetap sabar. Heheh

Tutorial membuat aplikasi game lainnya akan kami posting pada kesempatan lainnya. Terima kasih.