Top Ad 728x90

Friday, March 25, 2016

,

Buat Website Pertama Kamu dengan Laravel PHP Framework

Belajar web applikasi framework laravel : cara membuat website/blog menggunakan framework laravel lengkap dengan langkah instalasi Laravel 5 Php Framework menggunakan Visual Composer di localhost XAMPP.

Install Laravel Framework Via Composer

Jika kamu seorang Developer website dan kamu belum pernah mencoba menggunakan Framework Laravel yang merupakan salah satu PHP Framework For Web Artisans yang sangat populer dikalangan programmer berbasis web, inilah saatnya mencoba sesuatu yang baru lagi populer. Selain Framework Laravel yang begitu powerfull dalam menangani static data yang besar dan komplex juga dengan dukungan documentasi yang lengkap merupakan salah satu alat bagi kita khusus pemula yang ingin belajar Framewrok Laravel.

Framework Laravel sendiri merupakan framework PHP MVC (Model, View, Controller) yang pertama kali dikembangkan oleh Taylor Otwell  pada tahun 2011 silam. Sampai dengan saat sekarang laravel framework semakin populer dikalangan programmer dan telah mencapai versi 5.1. Fitur – fitur yang powerfull tentunya yang membuat laravel sebagai framework kesayangan programmer dunia. Fitur – fitur handal dari laravel sendiri sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Tanpa banyak basa basi lagi, mari kita mulai belajar membuat website pertama kita dengan menggunakan laravel Php Framework.

Apa saja persiapan sebelum membuat website dengan Laravel ?

#1. Install Visual Composer

Untuk menginstall Framework laravel di localhost kamu harus menginstall visual composer terlebih dahulu, caranya silahkan download visual composer ke situs resminya di https://getcomposer.org/download/ . ada dua cara dalam menginstall composer di komputer kamu, pertama dengan mendownload composer.exe yang nanti bisa langsung kamu install setelah selesai download. Yang kedua dengan menggunakan Command Line. berikut kami jelaskan cara menginstall composer via cmd.

Install Composer Via CMD

php -r "readfile('https://getcomposer.org/installer');" > composer-setup.php php -r "if (hash('SHA384', file_get_contents('composer-setup.php')) === '41e71d86b40f28e771d4bb662b997f79625196afcca95a5abf44391188c695c6c1456e16154c75a211d238cc3bc5cb47') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;" php composer-setup.php php -r "unlink('composer-setup.php');"
Jika composer sudah bisa dijalankan di komputer kamu, selanjutnya mari kita menuju topik utama.

#2. Install Framework Laravel di Localhost via Composer

Untuk menginstall larevel, langsung buka CMD windows kamu dan ketikkan perintah berikut

Set Localhost sebagai Directory tempat menginstall Laravel

cd /xampp\htdocs
Kamu sekarang berada dalam folder tempat dimana kita akan menginstal laravel, yaitu di server Localhost. Selanjutnya mari kita install framework laravel dengan mengetikkan perintah berikut :

Install Laravel via Composer

composer global require "laravel/installer=~1.1"
Prosess penginstalan framework laravel berkisar sekitar 5 menit tergantung koneksi internet yang kamu pakai, setelah prosess instalasi selesai kita lanjutnkan membuat website laravelnya dengan membuat project baru dengan menggunakan perintah composer juga melalui command promt kamu. Tuliskan code perintah berikut untuk membuat project baru di Laravel :

Create Project Laravel Via Composer

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

  • [message]
    • ##check## Keterangan Instalasi Laravel
      • composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog : yang dimaksud dari perintah tersebut adalah kita akan membuat sebuah directory baru dengan nama "blog" dimana kita akan membuat website pertama dengan laravel

Sekarang coba kamu aksess website yang sudah kamu buat pada url http://localhost/blog/public/ dan elamat kamu sudah bisa membuat website/blog pertama kamu dengan menggunakan framework laravel 5 lho. simple bukan?

Mari kita perjelas tentang Keistimewaan Framework Laravel, dalam postingan yang sebelumnya juga kami sudah membahas beberapa keunggulan yang diutamakan dari PHP framework Laravel ini. namun mungkin dari teman - teman semua masih penasaran seberapa hebatnya laravel ini dalam membangun aplikasi yang komplex dan sesuai kebutuhan.

Kehebatan PHP Framework Laravel

  • [accordion]
    • Penulisan Syntax Yang Mudah Dipahami
      • Penulisan syntax dalam framework laravel sangat mudah dipahami dan dicerna baik bagi seorang pemula yang ingin belajar web development dengan framework laravel.
    • Berjalan Baik dengan PHP Versi terbaru
      • Dengan menggunakan framework laravel yang berjalan mulus dengan PHP versi terbaru merupakan kebanggaan tersendiri, dimana PHP versi terbaru memiliki performa yang tinggi dan dan lebih powerfull serta modern tentunya.
    • Framework Laravel Merupakan MVC (Model View Controller)
      • Framework laravel menggunakan konsep MVC yang benar – benar diterapkan pada struktur aplikasi yang akan kamu kembangkan. Dimana kita mengetahui konsep MVC sangat membantu para developer dalam mengembangkan dan membangun aplikasi yang komplex dan berskala besar.
    • Support dengan Composer
      • Dengan menggunakan composer PHP kamu akan lebih mudah mendapatkan semua library yang dibutuhkan oleh framework laravel yang bisa kamu manfaatkan secara otomatis.

Gimana penjelasan tentang framework Laravelnya? kalau bermanfaat boleh dishare kok hehehe. bagi yang mau menambahkan kelebihan ataupun kekurangan yang dimiliki laravel silahkan koment aja ya. makasih