Top Ad 728x90

Wednesday, March 23, 2016

, , , , , , , ,

6 Framework PHP Terbaik & Terpopuler 2016 yang Wajib dipelajari

Daftar PHP Framework paling populer dan Framework PHP termudah dan wajib kamu ketahui untuk dipelajari tahun 2016 di Indonesia maupun Dunia. Khusu Web Development akan membantu dalam mengembangkan aplikasi website.

Framework PHP Terbaik & Terpopuler 2016 yang Wajib dipelajari

Tiada hari tanpa berkarya, itu istilah yang cocok untuk zaman era teknik informasi dan teknologi saat sekarang ini, begitu juga dengan para pengembang aplikasi website, dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, semakin banyak dari mereka developer web app berbasis framework maupun PHP Native. Dalam kesempatan ini kami (ngehh.id) akan memberikan sedikit informasi mengenai web app framework paling populer dan terbaik tahun 2016 ini.

Menurut analisa dari tim pengelola web ngehh.id dan bukan merupakan informasi yang formal web app framework dilihat dari berbagai segi fitur dan performa kami menyimpulkan berikut 10 framewok paling populer dan terbaik di indonesia maupun dunia :

Framework Laravel

Bagi kamu pecinta website atau aplikasi berbasis framework mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Laravel. Laravel merupakan salah satu dari sekian ratus framework gratis atau open source PHP framework. Laravel dirancang khusus untuk mempermudah developer dalam pengembangan aplikasi berbasis website dengan model-view-controller(MVC) yang terintegrasi dengan baik.

Dengan performa yang sangat efesien, laravel merupakan framework terpopuler mulai dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 ini. Laravel juga memiliki dokumentasi yang lengkap dan mudah di pahami khususnya bagi kita yang masih pemula dalam mengembangkan aplikasi website berbasis framework. Forum – forum besar juga sudah banyak menyediakan thread mengenai permasalahan – permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan aplikasi dari framework Laravel, sehingga akan sangat mempermudah kita dalam proses belajar.

Beberapa kelebihan Laravel antara Lain :

  1. Struktur penulisan Code yang lebih singkat
  2. Mudah dipelajari sekalipun seorang pemula
  3. dikembangkan Khusus buat Php 5.3 yang kita tau sangat PoweFull
  4. Library Laravel yang dibutuhkan di Upgrade melalui Composer
  5. dan masih banyak lagi.
Kunjungi situs resmi Laravel http://laravel.com/

Yii Framework

Setelah posisi Laravel Framework sebagai bahasa pemrograman terpopuler, kini adalagi framework yang tidak kalah populernya dikalangan web development, apalagi kalau bukan YII (yes it is). Yii Framework merupakan sebuah PHP Framework berbasis MVC yang memiliki kinnerja tinggi dan sangat efesien dalam pengembangan web app berskala besar baik untuk bisnis maupun personal.

Yii Framework juga  sangat efesien dan maximal dalam mengembangkan semua jenis aplikasi Web mulai dari website berskala besar maupun aplikasi web yang sederhana. Dokumentasi yang lengkap membuat banyak programmer baru yang mulanya hanya seorang pemula. Forum – forum dan group di media social bertebaran di Internet dalam rangka membahas dan memecahkan masalah yang dihadapi saat proses belajar kamu.
Kelebihan yang paling unggul dimiliki oleh YII Framework adalah Gii, Gii merupakan sebuah fitur Yii Framework yang berguna untuk menciptakan template models, views, controllers dan forms. Akan sangat membantu pekerjaan programmer dalam kasus  CRUD. Berbeda dengan PHP Framework lain yang menearpkan orientasi form, Yii Framework menerapkan Orientasi data.
Kunjungi situs resmi YII Framework  : http://www.yiiframework.com/

Framework CodeIgniter

Selain dari Web Framework yang sudah kita uraikan dari atas, ada lagi framewrok yang tidak kalah populernya, didesain dengan code yang minimalis dan sederhana membuat CodeIgniter mampu memikat para developer aplikasi website berbasis framework bermigrasi ke CodeIgniter. CodeIgniter merupakan framework yang Opern Source alias gratis tis tis.

CodeIgniter juga merupakan PHP framework dengan model MVC (Model, View, Controller) dalam menegmbangkan aplikasi website dinamis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Seperti kebanyakan framework yang berfungsi  memudahkan pengembang web dalam membuat aplikasi web dengan cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal menggunakan PHP Native, CodeIgniter juga memiliki efesiensi yang tinggi, ringan dan mudah dipelajari.
Kunjungi situs resmi CodeIgniter : http://www.codeigniter.com/

Symfony

Symfony adalah framework Open Source atau gratis dan bisa digunakan secara gratis, dimana Symfony dikembangkan dengan tujuan untuk mempercepat dalam pengembangan sebuah aplikasi dan dalam pemeliharaan aplikasi web aplikasi baik aplikasi yang berskala besar maupun aplikasi web kecil. Bukan hanya itu, banyak Komponen dari Framework Symfony 2 ini dimanfaatkan  oleh perusahaan besar dalam mengembangkan proyeknya misalnya CMS Drupal, dan aplikasi Forum phpBB. Yang tidak kalah pentingnya Php Framework terpopluer Laravel juga menggunakan beberapa fitur dari framework symfony. Dengan banyaknya pengguna Framework Symfony dan kelengkapan dokumentasi yang dimiliki framework symfony membuat framework ini populer dikalangan pengembang aplikasi web berbasis framework.
Kunjungi situs resmi Symfony : https://symfony.com/

Framework Phalcon

Phalcon Framework juga merupakan framework yang Open Source dan gratis digunakan dalam mengambangkan dan membangun aplikasi website. Phalcon dikembangkan pada tahun 2012 silam dan kelebihan utama dari framework ini adalah sangat efesien dan berkinerja tinggi untuk aplikasi web PHP didasarkan pada pola model view controller (MVC). Selain itu Phalcon bisa bekerja dengan lebih cepat dibanding framework lainnya karena Phalcon framework diimplementasikan sebagai perpanjangan dan ditulis dalam bahasa C.

Fitur utama yang dimiliki Phalcon seperti auto loader universal, manajemen aset, keamanan, translator, caching, dan masih banyak fitur utama lainnya. Phalcon juga sangat mudah dipelajari khusunya bagi pemula yang ingin belajar web development. Kunjungi situs resmi Phalcon : https://phalconphp.com/en/

Zend Framework

Zend framework merupakan framework PHP yang sangat powerfull dan stabil dan dikemas dalam banyak fitur. Zend framework sangat bagus dalam mengembangkan dan membuat aplikasi yang komplex dan besar. Disamping itu Zend framework juga memilki mitra dari perusahaan besar seperti IBM, Microsoft, Google dan Adobe.

Fitur utama Zend framework yang membuatnya sebagai pramework terpopuler seperti tools kriptografi, drag dan drop Editor yang mempermudah dalam penulisan code front-end (HTML, CSS, JavaScript), dan sistem debugging online. Kunjungi situs resmi Zend framework : http://framework.zend.com/