Top Ad 728x90

Friday, March 18, 2016

, ,

Buat Blog Bingung Pilih Blogspot atau WordPress

ini kelebihan dan keunggulan serta kekurangan dari blogger.com / blogspot dan keutaman membuat blog platform wordpress serta kekurangan wordpress, baca tutorial blogger lebih lengkap.


Kamu mau buat blog dengan blogspot atau wordpress? Baca dulu artikel ini dan nanti tentukan sendiri ya. Seperti kita ketahui blogspot / blogger.com merupakan anak kandung dari perusahaan Google.com. barang sudah pasti kalau anak kandung itu disayang daripada anak yang lain. Blogspot sangat terkenal dikalangan blogger dunia maupun blogger indonesia, selain kita bisa mendaftar gratis, blogger terkenal dengan kemudahan cara penggunaan dan tersedia template gratis yang sudah didesain dengan simple serta hosting untuk upload gambar juga gratis di blogspot. namun yang harus kamu ketahui adalah kekurangan dan kelebihan dari blogspot dibanding dengan wordpress yang akan kita bahas.

Kelebihan dan keutamaan dari Blogspot / blogger.com

Blogger.com / Blogspot merupakan anak Perusahaan Google

Mau gak mau, percaya ga percaya blogger.com merupakan ciptaannya google, sampai tulisan ini ditulis blogger masih terus dikembangkan oleh google. Secara tidak langsung jika kamu memebuat blog dengan menggunakan blogger.com merupakan langkah yang baik untuk memulai berlayar di dunia blogging. Gimana tidak dengan menggunakan blogger.com kamu bisa membuat blog secara gratis dengan subdomain namakamu.blogspot.com secara gratis dan hosting image di blogger.com juga gratis, dan jangan diragukan lagi kalau masalah terindex oleh search engine, toh bapaknya search engine itu kan google.com

Blogspot Didesain Simple dan User Friendly

Template yang tersedia di blogger.com merupakan template standar yang simple yang bisa kamu gunakan untuk membangun blog kamu, kamu bisa dengan mudah dimodivikasi sesuai kebutuhan kamu, widget – widget dari blogger juga sudah tersedia dan kamu hanya tinggal mengimport sesuai kebutuhan kamu juga. Desain tampilan dari blogger.com sangat simple dan user friendly, sehingga bagi kamu khususnya pemula tidak usah khawatir untuk memulai belajar menggunakan Blogger.

Blogspot sudah SEO Friendly

Selain blogspot itu User Friendly, dia juga SEO Friendly. Dengan penggunaan template yang sederhana dan simple akan menambah SEO tidaknya sebuah blog di mata Search Engine Google, namun kamu sebagai webmaster sebuah blog juga harus berusaha keras untuk menjadikan Blogger yang baik dengan cara rajin mengupdate artikel setiap hari, memperhatikan link masuk dan link keluar dan masih banyak lagi yang bisa berpengaruh terhadap SEO blog.

Analisis visitor

Di blogspot kamu tidak bisa menganalisis darimana datangnya pengunjung blog kamu, kecuali kamu mendaftarkan blog terkait dengan Google Analytic

Kekurangan menggunakan Platform Blogspot

Tampilan default Blogspot kurang professional

Template sederhana standar bawaan blogspot yang terlihat kurang professional mengingat bahwa blogspot itu merupakan platform blog terbaik, namun bisa saja di modifikasi oleh seorang professional blogger, tapi sangat susah bagi pemula.

Taut Situs / Permalink tidak bisa di costum

Link tautan bawaan blogger seperti yang kita ketahui berformat seperti http://namablogkamu.blogspot.com/tahun/bulan/namapostingan.html untuk taut situs postingan.
http://namablogkamu.blogspot.com/p/namapostingan.html untuk taut situs halaman
http://namablogkamu.blogspot.com/search/label/namalabel untuk taut situs label

Blogger juga tidak bisa membuat tag dan hanya bisa membuat label.

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan platform Wordpress? Mari kita simak penjelasan berikut :

Kelebihan Menggunakan Platform Wordpress

Tampilan Professional

Theme / template yang tersedia di wordpress lebih professional dibanding dengan template blogspot, dengan sedikit mengeluarkan rupiah kamu bisa mencari template pro yang professional milik wordpress,

Plugin wordpress tidak terbatas

Wordpress juga memiliki plugin yang tidak terbatas jumlahnya, plugin wordpress bisa kamu dapatkan disitus resmi wordpress yang versi gratis maupun versi berbayar, plugin dalam wordpress sangat membantu bagi penggunanya untuk mengoptimalkan situs yang sedang ia bangun, contohnya saja plugin SEO, ini akan membantu pengguna dalam mengelola blog dan memaksimalkan SEO blog tersebut dengan mudah dan dengan bantuan Plugin tersebut.

Permalink / Taut Situs yang SEO Friendly

Permalink di wordpress bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, kamu bisa mengubah taut situs untuk membuat blog kamu lebih super SEO lagi.

Wordpress bisa menggunakan tag

Tag disini berguna juga untuk seo permalink situs kita, tag juga berfungsi seperti label yang bisa mengelompokkan artikel berdasarkan tag masing – masing.

Analisis Visitor

Kamu bisa dengan mudah melihat siapa saja yang berkunjung ke situs kamu dengan bantuan plugin wordpress.

Mengontrol pengunjung

Dengan menggunakan wordpress kamu bisa memblokir ip pengunjung yang sering melakukan spam di blog kamu, sehingga pengunjung yang memiliki ip yang sudah kamu blokir tidak akan bisa mengakses halaman web kamu keesokan harinya.

Kekurangan menggunakan platform wordpress

Untuk mendapatkan blog yang sederhana menggunakan wordpress, kamu harus membeli domain serta hostingan dengan menggunakan uang kamu sendiri, jika tidak kamu bisa mendaftar di wordpress dengan layanan gratis namun kamu tidak bisa mengkostum tampilan sesuai keinginan.

Dari sedikit penjelasan diatas, kamu bisa membayangkan seperti apa dan bagaimana kamu akan membuat blog yang terbaik buat kebutuhan kamu nantinya, semoga bisa membantu.

Kamu juga bisa menambah tentang kekurangan dan kelebihan dari blogspot dan wordpress pada kotak komentar dibawah.
Terima kasih.