Top Ad 728x90

Thursday, March 31, 2016

,

Belajar Membuat Website/Blog dengan Yii PHP Framework

Tutorial Belajar Yii Framework : membuat website/blog/aplikasi dengan php framework populer yii framework di localhost dimulai dari install composer dan install yii dengan composer di localhost

Install yii framework di localhost

"Tak kenal maka tak sayang" merupakan pribahasa jaman dulu yang sampai sekarang masih jelas terasa makna dari kata-kata diatas, namun mungkin bagi beberapa webmaster tentu sudah kenal dan sayang dengan PHP framework paling populer yang bernama YII Framework (Yes it is). Yii Framework populer dengan tingkat efesiensi kerja dari framework ini sangat tinggi, memiliki banyak fitur andalan seperti GII. Sama halnya dengan php framework lain, Yii juga merupakan php framework yang cocok untuk pengembangan website/aplikasi berbasis web dengan metode yang kompleks.

Beberapa keunggulan dari Yii Framework antara lain :

  1. Yii Framework merupakan Php framework yang sangat ringan dan dilengkapi dengan solusi caching yang memuaskan web developer.
  2. Yii Framework sangat cocok untuk pengembangan website atau aplikasi dengan lalu lintas-tinggi, misalnya situs web portal, forum-forum besar, sistem manajemen konten (CMS), sistem e-commerce, serta aplikasi yang kompleks sekalipun.
  3. Yii Framework memiliki dokumentasi yang lengkap dan jelas, efisien, serta kaya akan fitur.

Berikut fitur – fitur andalan YII Framework :

  1. Yii Framework menggunakan pola MVC (Model,View,Controller), yang merupakan suatu pola standart yang dimiliki framework php untuk pengembangan aplikasi dengan memisahkan antara tampilan, Control program, dan modelnya
  2. Yii Framework memiliki sebuah database abstraction layer. Misalnya Data Access Objects(DAO) serta Active Record yang akan memudahkan aplikasi untuk berinteraksi antar database.
  3. Yii Framework terintegrasi dengan JQuery Javascript Framework dengan baik. Yii juga dapat bekerja menggunakan library java framework yang lain dengan sempurna seperti AngularJS.
  4. Fitur yang sangat membantu sang depelover seperti layer cache untuk cache data, halaman, sebagian, dan keseluruhan aplikasi sehingga dapat meningkatan performance dengan beragam pilihan media cache. Penggunaan media cache seperti database, APC, memcache, dan sebagainya mudah diatur tanpa melakukan perubahan besar pada kode, dan masih banyak fitur – fitur yang dimiliki oleh php framework YII ini dan tentunya tidak akan kami bahas disini.

Install dan Membuat Project pertama dengan Yii Framework

Sebelum membuat website/aplikasi maupun blog dengan menggunakan Yii framework kamu tentu harus menginstall Yii frameworknya terlebih dahulu, dalam menginstall Yii Framework bisa menggunakan Composer. Mari kita install yii framework di localhost menggunakan composer, ikuti langkah – langkah berikut :

Install Composer

Untuk menginstall YII Framework di localhost kamu harus menginstall visual composer terlebih dahulu, caranya silahkan download visual composer ke situs resminya di https://getcomposer.org/download/ . ada dua cara dalam menginstall composer di komputer kamu, pertama dengan mendownload composer.exe yang nanti bisa langsung kamu install setelah selesai download. Yang kedua dengan menggunakan Command Line. berikut kami jelaskan cara menginstall composer via cmd.

Installasi Composer Via CMD

php -r "readfile('https://getcomposer.org/installer');" > composer-setup.php php -r "if (hash('SHA384', file_get_contents('composer-setup.php')) === '41e71d86b40f28e771d4bb662b997f79625196afcca95a5abf44391188c695c6c1456e16154c75a211d238cc3bc5cb47') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;" php composer-setup.php php -r "unlink('composer-setup.php');"

Install Yii Framework 2 di Localhost via Composer

Jika composer sudah terinstall di komputer kamu saatnya kita mulai menginstall yii framework. buka kembali CMD windows dan tuliskan perintah berikut,
 composer create-project --prefer-dist --stability=dev yiisoft/yii2-app-advanced ../htdocs/advanced
Keterangan "advanced" merupakan nama folder yang akan dijadikan sebagai project website kamu. proses membuat project yii akan memakan waktu sekitar 5 menit. jika semua sudah selesai, ketikkan perintah berikut di CMD windows kamu
cd /xampp\htdocs\advanced
composer init
Silahkan configurasi project yii kamu hingga prosess pembuatan project selesai. jika semua sudah beres coba akses project kamu dengan mengakses url server kamu, seperti ini :

http://localhost/advanced/backend/web/ ( untuk Backend )
http://localhost/advanced/frontend/web/  (untuk Frontend )


jika berhasil, maka selamat kamu barusaja mwmbuat website pertama kamu menggunakan php framework paling populer untuk sekarang ini tahun 2016. tutorial yii framework selanjutnya akan kami bahas pada postingan selanjutnya, silahkan jika ada yang bertanya serta memberi saran akan sangat kami hargai, terima kasih.