Top Ad 728x90

Friday, March 18, 2016

,

15 Bahasa Pemrograman ini Paling Populer di Indonesia dan Dunia

Berikut beberapa jenis bahasa pemrograman yang paling polpuler di Indonesia maupun di Dunia tahun 2016 menurut survey yang dilakukan para ahli pakar internet tiobe.com


Khususnya di Indonesia beberapa bahasa pemrograman sudah populer semenjak seluruh masyarakat indonesia banyak menggunakan jasa internet dan menjadikan internet sebagai kebutuhannya sehari - hari, penulis akan membagikan hasil survey yang dilakukan oleh tiobe.com tentang Bahasa pemrograman yang paling populer di dunia pada tahun 2016 ini.

Berikut Bahasa Pemrograman yang paling Populer tahun 2016 yang wajib kamu ketahui :

Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java adalah bahasa pemograman berupa class-based, dan object oriented. Bahasa Pemrograman Java biasanya digunakan para developer di kalangan manapun. Alasannya karena Java merupakan bahasa pemograman yang memiliki library yang besar, sehingga memudahkan user dalam mengembangkan software. Java memiliki kelebihan yang lain seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. dan itu mmbuat Bahasa Java sangat Populer di Indonesia dan Dunia.

Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C merupakan Bahasa Pemrograman tertua yang pernah ada. yang dikembangkan mulai sekitar tahun 70-an. Bahasa pemrograman C sangat Populer apalagi di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa  C untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Bahasa Pemrograman C juga merupakan proses pengembangan bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++.

Bahasa Pemrograman C++

Salah satu pengembangan dari bahasa C adalah bahasa pemrograman C++. Yang mana kedua Bahasa Pemrograman ini memiliki sintaks penulisan yang hampir sama. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class.

Bahasa Pemrograman C Sharp (C#)

Proses penggabungan dari Bahasa pemrograman C dan C++ merupakan prinsif utama Bahasa Pemrograman C# (Csharp) yang dikembangkan oleh Microsoft. C# banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi - aplikasi berbasis Windows.

Bahasa Pemrograman Python

Bahasa Pemrograman Python merupakan bahasa tingkat tinggi. Selain Python bisa membangun aplikasi berbasis web Python juga bisa membangun aplikasi berbasis mobile. Bahasa Python juga sangat mudah di pahami untuk pemula. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Selain itu Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Bahasa Pemrograman PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) Bahasa pemrograman yang sangat populer saat sekarang, apalagi di Indonesia. PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang khusus untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. Dan yang paling penting PHP programing gratis.

Visual Basic .NET

Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah Tools yang berguna untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang ada di Windows di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Microsoft Visual Basic .NET  selain bisa mengembangkan aplikasi Windows Forms,  juga bisa membuat Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemograman yang sangat Populer saat sekarang, meskipun untuk menalar bahasa JavaScript sulit untuk dipahami,namun kemampuan inti yang dimiliki oleh JavaScript sangat menarik untuk didalami. Dengan Javascript kamu bisa membuat aplikasi - aplikasi seperti Google Maps. JavaScript telah merubah pandangan dunia terhadap internet ( Web ).

Perl

Bahasa Pemrograman Perl mungkin kelihatan lebih unik dibandingkan dengan Bahasa-Bahasa Pemrograman lain misalnya bahasa pemrograman Java. Bahasa Perl ini mempunyai  2 keunikan diantaranya Dapat menyelesaikan permasalahan yang sangat umum dan mempunyai penanganan struktur teks yang bagus.

Dengan mempunyai keunikan ini membuat Bahasa Pemrograman Perl ini menjadi sangat terkenal dan populer dan paling banyak digunakan oleh protokol-protokol di Internet dan juga banyak digunakan di Program CGI.

Ruby

Ruby merupakan bahasa yang seimbang. Pencipta Ruby, Yukihiro “Matz” Matsumoto, menggabungkan bagian-bagian dari bahasa-bahasa favorit beliau (Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada dan Lisp) untuk membentuk bahasa baru yang seimbang antara pemrograman fungsional dengan pemrograman imperatif.

Delphi

Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.

Assembly Language

Bahasa Pemrograman Assembly adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa Assembly merupakan pola bit-bit (serangkaian bilangan biner) tertentu yang merupakan kode operasi mesin.

Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa Assembly biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap variable  yang ditulis di program dengan bahasa Assembly akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer. Pada bahasa Pemrograman tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa Assembly ke bahasa mesin dilakukan oleh assembler, dan proses balikannya dilakukan oleh disassembler.

Visual Basic

Bahasa Pemrograman Visual Basic untuk DOS dan Windows diperkenalkan sekitar tahun 1991. Versi 3.0 dari Visual Basic dikeluarkan sekitar tahun 1993 dan lebih mengalami kemajuan yang pesat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Visual Basic 3.0 masih menggunakan kode-kode yang bekerja dalam 16 bit. Kemudian pada akhir tahun 1995 dikeluarkan Visual Basic versi 4.0 yang mendukung proses 32 bit. Pada akhir tahun 1996 dikeluarkan Visual Basic versi 5.0 dengan kelebihan yang dapat mendukung control Activex dan mulai menghapus atau menghilangkan dukungan terhadap proses 16 bit. Visual Basic versi 6.0 dikemas satu paket Microsoft Visual Studio 6.0 yang merupakan produk yang dirilis akhir tahun 1998. Visual basic ini populer juga di Indonesia.

Objective - c

Bahasa Pemrograman Objective-C adalah bahasa pemrograman native yang dipakai untuk membuat aplikasi pada MacOS. Bahasa ini di adopsi dari bahasa C yang menggunakan style dari Smalltalk. Semua syntax bahasa ini hampir sama dengan C, sedangkan untuk operasi object oriented mengimplementasi dari style Smalltalk.

Untuk bahasa pemrograman Populer lainnya akan kami bahas pada postingan selanjutnya, terima kasih ;)