Top Ad 728x90

Friday, March 25, 2016

, , , , , , , ,

6 Bahasa Pemrograman untuk Membuat Game Android, IOS dan Desktop

Belajar membuat game Android, IOS, Desktop : berikut daftar bahasa pemrograman digunakan untuk membuat game seperti bahasa pemrograman C++, C#, Java, JavaScript, Php, Html, Actionscript, Objective-C untuk mengembangkan game Android.

Bahasa Pemrograman untuk Membuat Game Android, IOS dan Desktop

Kamu hoby dalam mengembangkan atau membuat game berbasis Android, IOS atau Desktop? Kamu juga lagi nyari referensi buat belajar membuat game – game tersebut? Jawabannya Cuma satu kata “YA”, kamu bisa belajar di situs ngehh.id belajar membuat game Android, IOS, Web Game, Game Flash dan game Desktop sampai ngehh ! dengan berlangganan dengan kami melalui email secara gratis kamu akan mendapatkan tutorial dan tips terbaru dalam pelajaran membuat game yang akan diupdate setiap hari. Pembuatan game yang kami khususkan adalah embuat game berbasis Android dengan menggunakan Unity3D Engine dengan bahasa pemrograman C# (C Sharp).

Sesuai judul postingan tentang bahasa pemrograman yang cocok untuk para developer game kami akan menjelaskan secara singkat jenis bahasa pemrograman apa yang mungkin cocok buat kamu disana. Berikut daftar bahasa program dan contoh game yang dihasilkan dari berbagai bahasa pemrograman.

#1 Bahasa Pemrograman C++

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa program tingkat tinggi, yang mana para developer game Desktop sangat banyak menggunakan bahasa pemrograman C++ ini untuk membangun dan mengembangkan aplikasi game berbasis Desktop. Bahasa pemrograman C++ merupakan perkembangan dari bahasa C dengan perkembangan yang menambahkan beberapa konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.

Kamu bisa mencoba belajar dan membuat game kesuakaan kamu dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Contoh game populer yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C++ seperti Crysis 2 dan Crayon Physics Deluxe.

#2 Bahasa Pemrograman C# (C Sharp)


Bagi kamu pengembang aplikasi Desktop mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman C#, bahasa C# banyak mengadopsi syntax dari C++ merupakan pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman C# bisa digunakan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (desktop) maupun aplikasi berbasis web bahkan bahasa pemrograman juga bisa membuat aplikasi berbasis web services.

Selain beberapa keunggulan C# diatas, dengan menggunakan aplikasi pembuat game terkenal Unity3D Engine kita bisa menggunakan bahasa pemrograman C# sebagai bahasa program untuk membuat game Android, IOS dan Desktop. Beberapa game populer yang dibangun dari unity3D menggunakan pemrograman C# sudah pernah kami bahas di web ngehh.id ini seperti game LiloCity dari Agate Studio.

#3 Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web, mobile serta aplikasi game android dan desktop. Sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Bahasa Pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming). Kelebihan bahasa pemrograman java diantaranya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi seperti windows, linux dan Mac OS.
Bahasa Pemrograman Java juga sangat cocok bagi kamu yang ingin membangun sebuah game atau mengembangkan game berskala besar dengan basis game desktop, web games dan mobile games seperti Android dan untuk IOS.

Contoh game yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java seperti game Spiral Knights.

#4 Actionscript 3.0

 Seperti kita ketahui, ActionScript 3.0 merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek seperti halnya bahasa pemrograman khusus pembuatan game lainnya. Tujuan dalam pengembangan bahasa pemrograman ActionScript 3.0 merupakan untuk menciptakan bahasa pemrograman yang ideal dalam proses membangun aplikasi Internet dengan cepat.

Bahasa pemrograman Actionscript 3.0 biasa digunakan para pengembang aplikasi web games yang menggunakan format Game Flash. Beberapa contoh aplikasi game yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Actionscript 3.0 seperti Game Shopping Paradise yang ada di web Facebook.com dan masih banyak web game lainnya yang dibangun menggunakan pemrograman Actionscript 3.0.

#5 JavaScript

Bahasa pemrograman JavaScript selain dikembangkan dalam aplikasi web juga sangat powerfull untuk dikembangkan dalam script web game, selain javascript juga didukung oleh PHP dan HTML. Contoh game yang dibuat dengan menggunakan gabungan dari ketiga bahasa pemrograman tersebut seperti game Football Saga.

#6 Bahasa Pemrograman Objective-C

Objective-C  juga merupakan bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan dalam mengembangkan aplikasi game yang menggunakan Mac OS.

Dari penjelasan dan contoh bahasa pemrograman serta aplikasi game yang dibuat dari bebebrapa bahasa pemrograman bisa kita simpulkan bahwa dalam pembuatan game baik berbasis Android, IOS maupun game Desktop tidak terpokok pada satu bahasa program. Kamu bisa belajar membuat game kesukaanmu dengan mencoba daftar bahasa program diatas, serta kuasailah satu bahasa program terlebih dahulu sehingga lebih mudah jika ingin migrasi menggunakan bahasa program yang lain.