Top Ad 728x90

Wednesday, March 16, 2016

,

2 Persiapan Belajar Pemrograman Java yang Harus Kamu Siapkan

Belajar bahasa pemrograman java pemula, sebelum belajar java 2 aplikasi ini harus kamu siapkan terlebih dahulu. NetBeans IDE dan Eclipse java merupakan editor yang bagus untuk programmer java


Bahasa pemrograman java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat dijalankan di komputer dalam sistem operasi windows maupun linux dan mac os. Di Indonesia sendiri bahasa pemrograman java sangat populer dikalangan aplikasi Desktop, begitu juga di negara lain di seluruh dunia. Selain di komputer kamu juga dapat menjalankan aplikasi java pada sistem operasi mobile. Bahasa pemrograman java pertama kali dibua pada tahun 1995 dan dirilis pada tahun 1996 dengan nama java versi 1.0. Java juga merupakan keluarga dari bahasa pemrograman c dan C++. Java banyak mengadopsi syntax dari kedua bahasa pemrograman tersebut, hanya saja java memiliki library dan cara penulisan yang lebih sederhana dibandingkan dengan kedua bahasa pemrograman diatas.

Kelebihan dari Bahasa Pemrograman Java

  1. Multiplatform, bahasa java merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami terutama buat pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman dan kelebihan utama dari bahasa pemrograman java adalah Multiplatform dimana java bisa di jalankan walaupun menggunakan sistem operasi yang berbeda, lain halnya dengan bahasa pemrograman lainnya.
  2. OOP (Object Oriented Programming) merupakan suatu metode bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap suatu objek. Sedangkan tujuan dari OOP ini untuk mempermudah developer serta user dalam pengembangan sebuah aplikasi java dengan mengikuti algoritma manusia dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, bisa dikatakan bahasa pemrograman java memiliki setiap bagian dari suatu permasalahan merupakan objek.Sedangkan objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi, dan Bahasa pemrograman merupakan Pemrogram Berorientasi Objek.
  3. Memiliki library yang lebih lengkap, library java berguna bagi developer java sendiri dalam mengembangkan dan membangun aplikasi java. Dikarenakan bahasa pemrograman java merupakan bahasa program yang sangat populer banyak dari mereka para programmer java membuat forum – forum khusus untuk membahas permasalahan dalam pemrograman java, sehingga bagi kamu yang ingin belajar java sangat mudah untuk mencari referensi dengan cara bergabung dalam kelompok, forum atau organisasi di bidang pemrograman java.
  4. Bahasa pemrograman Java memiliki kemiripan dengan syntax – syntax yang digunakan dalam bahasa pemrograman C++,  dengan demikian programmer dari kalangan C++ tidak bisa menolak kedatangan bahasa program java, dan akhirnya pindah dan handal di dalam java.

Kekurangan bahasa pemrograman java

Walaupun bahasa pemrograman java merupakan Multiplatform, namun ternyata masih ada salah satu versi java yang tidak kompitible dengan platform lain misalnya seperti yang terjadi pada Mac Os X.
Membutuhkan banyak Memory untuk beroperasi, Aplikasi java menggunakan memory komputer yang menjalankan lebih banyak di bandingkan dengan aplikasi dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lain, maka dengan demikian kamu akan sangat merasa kesulitan jika menggunakan spesifikasi laptop yang rendah.

Perlengkapan bertempur sebelum belajar bahasa pemrograman java

Untuk memulai belajar javanya, kamu membutuhkan software yang berguna agar komputer yang kamu gunakan bisa menjalankan aplikasi java nantinya, apa saja yang kamu butuhkan? Java Development Kit (JDK) dan Editor.

  1. Java Development Kit (JDK), Berguna untuk  komputer menjalankan aplikasi yang kamu buat dan juga bisa mengeksekusi kode-kode program java. Kamu bisa mengunduh aplikasi JDK pada situs resmi oracle.
  2. Text Editor. Kamu juga membutuhkan aplikasi untuk menuliskan baris – baris code java, kamu bisa menggunakan text editor biasa misalnya : Notepad bawaan microsoft, Notepad++,Visual Studio Code, Sublime dan masih banyak jenis dari Text Editor yang bisa kamu dapatkan secara gratis dari internet.
  3. Selain menggunakan Text Editor kamu juga bisa belajar dan membuat aplikasi java dengan aplikasi lain, misalnya NetBeans IDE, Eclipse yang berguna untuk mempermudah programmer untuk membuat aplikasi sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah kedua aplikasi diatas merupakan aplikasi gratis yang bisa kamu dapatkan secara Cuma-Cuma.
Jadi tunggu apalagi teman - teman?, mulailah dari sekarang dan buatlah karya – karya yang bisa bermanfaat buat banyak orang disekitarmu.